Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Rupiah Kembali ke Rp 13.000 Per Dollar AS, Mungkinkah?

JAKARTA, KOMPAS.com - Sejak Maret 2018, nilai tukar rupiah meninggalkan kisaran Rp 13.000 per dollar AS. Sejak itu pula, mata uang Garuda itu tak pernah kembali, justru anjlok kian dalam sampai menyentuh kisaran Rp 15.000 per dollar AS.

Namun, seiring angin sentimen segar, belakangan rupiah kembali menguat dan kini ada di kisaran Rp 14.300 per dollar AS.

Tetapi, mungkinkan rupiah kembali ke kisaran Rp 13.000 per dollar AS seperti awal 2018 lalu?

"Kita masih punya ruang untuk penguatan rupiah. Masih bisa tembus ke arah Rp 13.000 per dollar AS," ujar Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution di Jakarta, Jumat (30/11/2018).

Mantan Gubernur Bank Indonesia itu tak mau menyebut kapan rupiah bisa kembali ke kisaran Rp 13.000.

Meski begitu, ia mengatakan, banyak hal yang bisa membuat nilai rupiah terus menguat hingga bisa kembali ke kisaran Rp 13.000 per dollar AS.

Pertama, pertemuan Presiden AS Donald Trump dan Presiden China Xi Jinping di KTT G20, Buenos Aires, Argentina pada 29 November-1 Desember 2018.

Bila pertemuan itu memberikan hasil baik, maka perang dagang antara AS dan China bisa mereda. Hal ini akan membuat tekanan terhadap rupiah akan lebih longgar.

Kedua, bank sentral AS, The Fed diyakini tidak akan menaikan suku bunga acuannya pada Desember 2018. Hal ini membuat aliran modal keluar Indonesia akan menurun.

Dampaknya, permintaan dollar AS tidak meningkat oleh karena itu rupiah tak terus tertekan.

Ketiga, pemerintah yakin aliran modal dari luar negeri akan mengalir ke Indonesia. Obral insentif fiskal melalui skema tax holiday yang baru bisa menggoda investasi asing masuk.

"Modal mulai masuk, udah masuk sebenarnya, atau lebih besar lagi masuknya sehingga transaksi modal dan finansial bisa mengimbangi defisit transaksi berjalan," kata dia.

"Maka (rupiah) kita akan mengarah ke fundamentalnya kembali kursnya dan sebagainya. Itu sebabnya, sebenarnya, ya ke depan kita harus fokus mengecilkan Current Account Deficit (CAD)," sambung Darmin.

https://ekonomi.kompas.com/read/2018/11/30/143817026/rupiah-kembali-ke-rp-13000-per-dollar-as-mungkinkah

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke