Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Menhub Minta Sekolah Penerbangan Tak Asal Terima Siswa

Menurut dia, sekolah penerbangan perlu meningkatkan standarisasi agar lulusannya bisa bersaing di dunia kerja.

Pernyataan tersebut diungkapkan Budi saat ditanyai soal masih banyaknya pilot yang menganggur setelah lulus dari sekolah penerbangan.

"Kita minta sekolah-sekolah (penerbangan) ini merekrut secara baik, jangan asal ada yang mau masuk dan mampu bayar pasti diterima," ujar Budi di Jakarta, Rabu (12/12/2018).

Budi menilai saat ini sekolah penerbangan terlalu banyak di Indonesia. Atas dasar itu, dia meminta agar sekolah penerbangan yang belum kompeten dimerger.

"Sekarang (jumlah sekolah penerbangan) 18. Iya mau dikurangi lagi. Idealnya 10, saya anjurkan mereka merger, tapi nanti lihat lah," ucap dia.

Mengenai pilot yang masih menganggur, Budi menyarankan agar kembali bersekolah di Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia (STPI) yang dikelola Kemenhub.

"Kan saya secara konsisten sudah memberikan kesempatan mereka untuk sekolah. Kita menyediakan sekolah, diulang lagi sekolahnya hingga dia kompeten," kata Budi.

Sebelumnya, Ketua Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia (STPI) Curug, Capt Novyanto Widadi mengatakan, sekitar 142 pilot AB initio lulusan sekolah itu masih menganggur.

"Pilot AB initio sebenarnya kalau di kami dari 300 lulusan, tinggal 142 pilot (yang masih menganggur)," ujar Novyanto di Jakarta, Kamis (6/12/2018).

Novyanto menjelaskan, sejak tiga tahun yang lalu penerimaan pilot di STPI ditutup. Penutupan itu dilakukan karena masih banyak pilot yang menganggur.

"Tahun ini kami sudah menerima buat pilot," kata Novyanto.

https://ekonomi.kompas.com/read/2018/12/12/164707026/menhub-minta-sekolah-penerbangan-tak-asal-terima-siswa

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke