Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Buka Peluang Bisnis, UKM Didorong Manfaatkan Teknologi Digital

DENPASAR, KOMPAS.com - Kemajuan teknologi digital mendorong perubahan dalam banyak lini kehidupan. Ini termasuk perubahan dalam pemasaran produk dan selera hingga perilaku konsumen.

Di Indonesia, usaha kecil menengah (UKM) merupakan tulang punggung perekonomian nasional. Oleh sebab itu, agar mampu bersaing dan tetap relevan dengan perubahan tersebut, maka UKM didorong untuk tidak ragu memanfaatkan teknologi digital.

Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Menkop UKM) Anak Agung Ngurah Puspayoga mengatakan, di era kemajuan teknologi seperti saat ini, menjadi pengusaha bukan pekerjaan yang sulit. Sebab, memasarkan produk dan jasa kini hanya dalam genggaman.

"Saat ini adalah era baru entrepreneurship (kewirausahaan). Dulu kita harus punya toko untuk menjual barang, kalau mau jadi pengusaha hotel harus membangun hotel. Kala mau jadi pengusaha taksi harus punya taksi. Sekarang semua orang bisa memiliki toko yang dikelola dalam genggaman," ujar Puspayoga pada acara Sampoerna Entrepreneurship Training Center (SETC) Expo 2018 di Denpasar, Bali, Sabtu (15/12/2018).

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Bali I Gede Indra Dewa Putra menjelaskan, agar UKM dapat terus berkembang, maka pelaku UKM harus memanfaatkan perkembangan informasi dan teknologu.

Sebab, saat ini alur perdagangan pun telah berubah. Konsumen, khususnya generasi muda, kata Indra, menyukai kecepatan, ketepatan, dan kemudahan dalam memperoleh produk.

Hal ini dapat terwujud apabila pelaku UKM memanfaatkan teknologi digital dalam memasarkan produk mereka.

"Penting adanya sinergi antara pemerintah dan dunia usaha untuk terus mendampingi pelaku UKM dalam menghadapi perubahan zaman," sebut Indra.

Adapun Kepala Hubungan Daerah dan CSR PT HM Sampoerna Tbk Ervin L Pakpahan menjelaskan, pihaknya melalui Pusat Pelatihan Kewirausahaan (PPK) Sampoerna menggelar pelatihan terpadu. Tujuannnya mendorong pertumbuhan dan pengembangan UKM.

"Sampoerna ingin membantu pelaku UKM untuk dapat menyikapi kondisi disruptif yang didorong perkembangan teknologi digital. Ini juga merupakan bagian penting dari ekosistem wirausaha, terutama dalam membuka peluang memperluas jangkauan pemasaran produk-produk mereka, bahkan hingga ke luar negeri," tutur Ervin.

https://ekonomi.kompas.com/read/2018/12/15/152003526/buka-peluang-bisnis-ukm-didorong-manfaatkan-teknologi-digital

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke