Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Indonesia Harus Manfaatkan Tingginya Permintaan Produk Halal

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Bappenas memandang Indonesia harus bisa memanfaatkan tingginya permintaan produk halal dari pasar internasional.

Potensi ini belum begitu dioptimalkan Indonesia.

"Besarnya permintaan pasar global terhadap makanan halal merupakan kesempatan yang perlu dioptimalkan dan diambil," kata Staf Ahli Menteri PPN/Bappenas Bidang Sinergi Ekonomi dan Pembiayaan Amalia Adininggar Widyasanti di Jakarta, Selasa (18/12/2018).

Amalia menjelaskan, Indonesia memiliki potensi dan berpeluang menjadi pemain utama sebagai produsen produk halal di dunia. Karena itu, dibutuhkan kerja sama yang baik dengan negara-negara lain.

Kemudian, dibutuhkan pula evaluasi terkait regulasi, tata kelola, dan standar produk halal yang dapat diterima seluruh masyarakat Indonesia dan global.

"Sehingga nantinya dapat menjadikan Indonesia sebagai pemain utama makanan halal di tingkat dunia," ujarnya.

Amalia menyebutkan, diperkirakan populasi muslim dunia mencapai 2,2 miliar pada 2030. Pertumbuhan pesat ini menjadi potensi luar biasa dan akan meningkatkan permintaan produk halal.

Potensi ini pula yang telah dilirik negara-negara lain. Pada saat yang sama, pasar konsumsi global telah menunjukkan proporsi yang cukup besar.

The State of the Global Islamic Economy 2018 melaporkan bahwa total konsumsi makanan halal mencapai 817 miliar dolar AS. Indonesia merupakan konsumen makanan halal terbesar yang mencapai 170 miliar dolar AS.

"Peringkat ini merupakan bukti besarnya kebutuhan masyarakat Indonesia terhadap makanan halal," paparnya.

Ia menambahkan, besarnya angka konsumsi makanan halal Indonesia merupakan peluang sekaligus tantangan. Apalagi, kini Indonesia belum masuk lima besar produsen produk makanan halal global.

Indonesia berpeluang menjadi pasar makanan halal dengan populasi muslim yang sangat besar. Tak hanya itu, Indonesia juga bisa menjadi pemain utama produsen makanan halal ke depannya.

"Oleh sebab itu, dibutuhkan penguatan inovasi terhadap produk makanan halal, sehingga dapat diterima di level nasional maupun internasional. Inovasi tidak cukup tanpa meyakinkan pentingnya kualitas, kehigienisan, dan kehalalan sebuah produk, sehingga layak menjadi pilihan masyarakat," sebut Amalia.

https://ekonomi.kompas.com/read/2018/12/18/181936126/indonesia-harus-manfaatkan-tingginya-permintaan-produk-halal

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke