Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pelindo I Fokuskan Pelabuhan Kuala Tanjung untuk Ekspor ke Asia

KUALA TANJUNG, KOMPAS.com - PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) I mengatakan, akan memfokuskan aktivitas terminal Multipurpose Kuala Tanjung, Kabupaten Batubara, Sumut, untuk kegiatan perdagangan di kawasan Asia. Sebab, kegiatan ekspor dari Sumatera jarang ditujukan ke Eropa.

"Sebetulnya, bagian ekspor Indonesia jarang yang dari Sumatera ke Eropa. Maka target dan konsenterasi kita inter Asia," kata Direktur Utama PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) I, Bambang Eka Cahyana usai meresmikan terminal Multipurpose Kuala Tanjung, Kamis (27/12/2018).

Bambang menuturkan, saat ini pihaknya fokus mendekati kosnsorsium pelayaran dari Asia untuk pelayaran ekspor maupun impor Tanah Air. Salah satu kerja sama yang sudah terjalin dengan Wan Hai Lines, perusahaan pelayaran asal Taiwan.

"Jadi, sejarah kapal ini masuk adalah ketika kita bisa menyelesaikan pengembangan Terminal Multipurpose Kuala Tanjuang ini di akhir November 2018. Sehingga Desember kita melakukan pendekatan kepada Wan Hai Lines, selaku line yang akan membawa muatan," terangnya.

Dia mengupkapkan, Wan Hai merupakan kapal perdana yang bersandar di terminal Kuala Tanjuang yang mengangkut barang ke negara lain. Sejak resmi dioperasikan dan difungsikan oleh Pelindo I pada Kamis (27/12/2018).

Selain itu, Wan Hai juga merupakan kapal terbesar yang pernah singgah di pelabuhan yang ada di kawasan Sumatera.

"Ini merupakan direct export. Jadi tidak melalui transitment. Kalau jumlah TEUs-nya untuk muatan kurang lebih 180," sebutnya.

Ia menambahkan, bersama Wan Hai Line pelayaran akan berlangsung dalam dua minggu sekali pelayaran. Ke depannya akan ditambah dan ditingkatkan lagi agar lebih maksimal.

"Kenapa? karena dari konsorsium ini yang sudah komit (baru) Wan Hai Lines. Tapi nanti tentunya mitra konsorsium dari Wan Hai Lines pasti akan masuk ke sini," tambahnya.


https://ekonomi.kompas.com/read/2018/12/27/172700526/pelindo-i-fokuskan-pelabuhan-kuala-tanjung-untuk-ekspor-ke-asia

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke