Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Berita Populer: Ekonomi Indonesia Dipandang Setara Haiti

JAKARTA, KOMPAS.com - Berita mengenai penjelasan Bank Dunia tentang perekonomian Indonesia menjadi yang terpopuler di kanal Ekonomi Kompas.com, Kamis (27/12/2018).  Ini terkait pernyataan calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto yang mengatakan bahwa perekonomian Indonesia setara Haiti. 

Selain itu, berita populer lainnya adalah tentang kondisi Gunung Anak Krakatau yang menyemburkan abu vulkanik.

Belum terlambat, berikut adalah lima berita populer kanal Ekonomi Kompas.com yang masih dapat Anda simak. 

1. Benarkah Ekonomi Indonesia Setara Haiti? Ini Data Bank Dunia

Pernyataan calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto kembali mendapatkan sorotan publik. Kali ini soal pernyataannya yang menyamakan ekonomi Indonesia dengan Haiti saat pidato di acara Majelis Tafsir Alquran (MTA) di Solo, Jawa Tengah, Minggu (23/12/2018).

Lantas bagaimana sebenarnya perbandingan ekonomi Indonesia dengan Haiti?

Berikut perbandingan ekonomi keduanya negara yang dihimpun Kompas.com dari data dari Bank Dunia dalam kurun waktu 10 tahun terakhir.

Baca selengkapnya di sini. 

2. Badan Geologi: Gunung Anak Krakatau Tidak dalam Fase Mematikan

Sekretaris Badan Geologi Kementerian ESDM Antonius Ratdomopurbo memastikan Gunung Anak Krakatau tidak dalam fase mematikan.

“Satu hal, (Gunung) Anak Krakatau tidak benar masuk dalam fase mematikan,” ujar Purbo di Kementerian ESDM, Kamis (27/12/2018).

Kendati begitu, Purbo tetap meminta masyarakat waspada terkait aktivitas gunung tersebut. Saat ini, Gunung Anak Krakatau berlevel siaga III.

Baca selengkapnya di sini. 

3. Jangan Lupa Tukarkan Uang Kertas Ini ke BI Sebelum 31 Desember

Penukaran uang kertas tahun emisi 1998 dan 1999 yang mulai tidak berlaku mulai 31 Desember 2018 masih dapat dilakukan. Penukaran empat jenis uang kertas tersebut hanya dapat dilakukan di Bank Indonesia ( BI).

Direktur Komunikasi BI Junanto Herdiawan mengatakan, BI tetap akan melayani penukaran uang pada 29 dan 30 Desember 2018, meski Sabtu dan Minggu.

"Kami tetap buka khusus untuk penukaran," kata Iwan saat dihubungi Kompas.com, Kamis (27/12/2018).

Penukaran uang yang telah dicabut sejak 31 Desember 2008 lalu ini tidak dikenai syarat-syarat tertentu.

Baca selengkapnya di sini. 

4. Sepatu Bata Digugat Pegawainya

PT Sepatu Bata Tbk (BATA) digugat oleh empat pegawainya. Mereka adalah Budiharta, Donny Hilianton, Agus Setiawan, dan Abdullah.

Selain itu, mereka juga menggugat tiga direksi Bata, yakni Inderpreet Sigh Bhatia, Ricardo Lumalessil, dan Piyush Gupta. Perkara tersebut terdaftar di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan dengan nomor 859/Pdt.G/2018/PN JKT.SEL pada 2 November 2018 lalu.

Kuasa para penggugat Kusnadi dari Kusnadi & Partner mengatakan, gugatan dilayangkan karena para direksi melakukan perbuatan melawan hukum.

Baca selengkapnya di sini.

5. Pemerintah AS Terancam Tutup hingga Tahun Depan

Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump, Selasa (25/12/2018), mengumumkan perihal penutupan sebagian layanan pemerintahan federal atau government shutdown yang akan berlangsung sampai permintaan dana untuk membangun tembok di perbatasan AS-Meksiko terpenuhi.

Dikutip dari Reuters, Rabu (26/12/2018), Pemerintahan AS ditutup sebagian mulai Sabtu (22/12/2018) dan belum ada tanda-tanda untuk membuka kembali lembaga-lembaga yang ditutup sebagai akibat dari buntunya politik atas permintaan Trump untuk dana tembok perbatasan tersebut.

"Saya tidak bisa memberi tahu Anda kapan pemerintah akan dibuka kembali," kata Trump, berbicara setelah konferensi video Hari Natal dengan pasukan AS yang bertugas di luar negeri.

Baca selengkapnya di sini.

https://ekonomi.kompas.com/read/2018/12/28/060000026/berita-populer--ekonomi-indonesia-dipandang-setara-haiti

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke