Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Gubernur BI Sebut Volatilitas Rupiah Rendah

Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo menilai, rupiah yang terus bergerakn di kisaran Rp 14.400 hingga Rp 14.600 per dollar AS dalam satu bulan terakhir cenderung stabil. Perry pun menjelaskan, volatilitas nilai tukar rupiah pun juga cenderung rendah di kisaran 7 persen hingga 8 persen.

"Volatilitas rupiah sangat rendah, depresiasi sampai kemarin di bawah 7 persen, volatilitas juga sekitar 7 persen sampai 8 persen, sangat rendah. Jadi kalau kita lihat Alhamdulillah rupiah bergerak stabil dan menguat," ujar Perry ketika memberikan paparan kepada awak media selepas Sholat Jumat di Masjid BI, Jumat (28/12/2018).

Menurut Perry, stabilitas rupiah yang telah menguat setelah sempat terdepresiasi hingga Rp 15.000 per dollar AS lantaran faktor eksternal didorong oleh berbagai kebijakan yang telah ditelurkan baik oleh BI, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) maupun pemerintah.

Namun, Perry menjelaskan, meskipun saat ini rupiah cenderung stabil, namun nilai tukar rupiah yang berada di kisaran Rp 14.500 masih di bawah nilai fundamentalnya. Sehingga di harapkan ke depan, rupiah bisa terus menguat dan bergerak secara stabil.

"Meskipun ketidak pastian global masih terus berlanjut, tapi kami melihat intensitas atau tekanan tidak akan sekuat di 2018, kami sampaikan Fed Fund Rate (suku bunga acuan bank sentral Amerika Serikat) yang tahun ini naik empat kali, tahun depan itu diperkirakan hanya dua kali, ketegangan perdagangan juga telah ada tanda-tanda untuk mengarah ke lebih baik," jelas Perry.

Selain itu, Perry juga menjelaskan premi risiko juga membaik sehingga memberikan faktor positif bagi aliran modal asing ke Indonesia.

"Karenanya mendukung stabilitas dan pergerakan rupiah yang baik," ujar dia.

https://ekonomi.kompas.com/read/2018/12/28/160500826/gubernur-bi-sebut-volatilitas-rupiah-rendah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke