Salin Artikel

Gandeng Alipay, BRI Garap Turis Asal China

Direktur Konsumer BRI Handayani mengatakan, layanan pembayaran digital ini akan difokuskan untuk turis asal China. Saat ini perseroan telah melakukan penandatanganan nota kesepahaman (memorandum of understanding/MoU) dengan anak usaha milik Alibaba tersebut.

"(Progres kerja sama dengan AliPay) baru MoU," ujar Handayani ketika memberikan penjelasan kepada awak media selepas Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) di Jakarta, Kamis (3/1/2019).

Handayani menjelaskan, saat ini masih banyak hal yang harus diselesaikan dalam proses kerja sama antara BRI dengan AliPay. Sehingga, pilot project atau uji coba belum dilakukan.

Sebagai catatan, Bank Indonesia (BI) memberi izin kepada platform pembayaran WeChat Pay dan AliPay untuk bertransaksi di Indonesia. Syaratnya, kedua platform tersebut harus bekerja sama dengan sistem pembayaran domestik serta bank besar BUKU IV atau dengan modal inti di atas Rp 30 triliun.

Pasalnya, banyak turis China yang melakukan transaksi dengan kedua platform tersebut sebelumnya ketika belum memiliki diizinkan beroperasi di Indonesia. Dengan demikian, devisa yang seharusnya masuk ke dalam negeri ketika para turis tersebut melakukan transaksi jual-beli langsung masuk ke China.

"Ya karena ini sebenarnya untuk support industri pariwisata kita karena banyak turis dari China yang datang ke Indonesia dan mereka punya alat bayar khusus, dan tentu kita harus bisa memfasilitasi bagaimana mereka bisa transaksi di merchant kita," ucap Handayani.

Namun, perseroan belum menghitung detil potensi dari kerja sama ini. Menurut dia, Handayani, kerja sama ini akan menjadi kesempatan bagi BRI dalam mengembangkan bisnis serta target pasarnya.

"Lagi pula ini opportunity untuk kita, khususnya support bagaimana pemerintah bisa terus meningkatkan pariwisata, tentu salah satunya adalah dengan transaksi pembayaran ini bisa dilayani," ucap dia.

https://ekonomi.kompas.com/read/2019/01/03/203800726/gandeng-alipay-bri-garap-turis-asal-china

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.