Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bank Mandiri Akan Terbitkan Surat Utang Rp 40 Triliun


Direktur Keuangan Bank Mandiri Panji Irawan mengatakan, dana dalam denominasi dollar AS mencapai 2 miliar dollar AS.

"Di dalam rencana bisnis kita sudah masuk untuk dapat menerbitkan dalam denominasi dollar AS baik itu melalui penerbitan obligasi, NCD, MTN, atau bilateral loan," ujar Panji ketika memberikan penjelasan kepada awak media di kantornya, Senin (7/1/2019).

Sementara untuk denominasi rupiah sebut Panji,  Bank Mandiri juga akan melakukan penggalangan dengan skema serupa dengan nilai Rp 10 triliun.

"Jadi, kombinasi dari dua yang tadi, Rp 10 triliun dan 2 miliar dollar AS kurang lebih jadi hampir Rp 40 triliun," ucap dia.

Dana tersebut, nantinya akan digunakan dalam rencana ekspansi Bank Mandiri dan sudah masuk dalam rencana bisnis bank pelat merah itu.

Sementara itu, Direktur Utama Bank Mandiri Kartika Wirjoatmodjo menyebutkan, Bank Mandiri menargetkan pertumbuhan DPK sebesar 10 persen tahun ini, di luar dari pendanaan konvensional. Sebab, di tahun 2018 lalu pertumbuhan DPK mandiri hanya di kisaran 8 persen ketika pertumbuhan kredit berada di kisaran 12 persen.

Dia juga menggarisbawahi tantangan perbankan Indonesia di tahun 2019 yang masih harus menghadapi kondisi seretnya likuiditas.

Walaupun demikian, dia yakin kondisi likuiditas berangsur akan membaik. Sebab pada tiga hari pertama perdagangan di bursa, rupiah mengalami tren penguatan dan dana valas mulai masuk.

"2019 kami yakini portfolio inflows terjadi. Hari ini penguatan rupiah, inflow di ekuitas 2-3 hari pertama perdagangan saham, akan ada tren reversal (pembalikan dana) dari DPK valas," ujar Kartika.

https://ekonomi.kompas.com/read/2019/01/08/074100926/bank-mandiri-akan-terbitkan-surat-utang-rp-40-triliun

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke