Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Indonesia Nego Filipina Agar Go-Jek Bisa Mengaspal di Manila

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Rudiantara membocorkan rencana ekspansi Go-Jek di Asia Tenggara setelah merambah Singapura.

Negara tujuan ekspansi Go-Jek selanjutnya yakni di Filipina. Pemerintah pun ikut turun tangan untuk memuluskan rencana perusahaan aplikasi asal Indonesia itu.

"Alhamdulilah rencananya kalau Go-Jek sudah di Vietnam, Singapura sudah mulai beta test, kami sedang negosiasi dengan Filipina," ujarnya dalam seminar Outlook 2019 di Jakarta, Selasa (7/1/2019).

Beberapa bulan lalu, sempat terdengar kabar kalau Go-Jek memang berniat untuk mengaspal di Filipina. Akan tetapi, rencana itu terhambat oleh aturan di Filipina.

Pemerintah mengatakan, sedang melakukan negosiasi dengan Filipina. Di antaranya dengan menawarkan keterlibatan perusahaan Filipina terlibat dalam proyek 1 juta rumah di Indonesia.

Namun, kata Rudiantara, pemerintah memberikan syarat.

"Kita harus berpikir maju, praktis. Sekarang begini, oke mereka boleh masuk ke Indonesia. Persyaratan tinggal satu, (harus) diperbolehkan Go-Jek ada di Manila," kata dia.

"Karena karakteristik Manila yang macet dan sama dengan kota di Indonesia. Jadi kita berpikirnya juga harus demikian," sambungnya.

Pemerintah meminta semua negara Asean untuk membuka diri, tak terkecuali Filipina. Indonesia sendiri, kata Rudiantara, bersedia membuka diri dengan pasar yang paling besar diantara negara Asia Tenggara lainnya.

https://ekonomi.kompas.com/read/2019/01/08/153000426/indonesia-nego-filipina-agar-go-jek-bisa-mengaspal-di-manila-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke