Salin Artikel

Gubernur The Fed Khawatir dengan Pertumbuhan Utang AS

WASHINGTON, KOMPAS.com - Gubernur bank sentral Amerika Serikat Federal Reserve, Jerome Powell mengaku khawatir dengan menggelembungnya jumlah utang Amerika Serikat.

"Saya sangat mengkhawatirkan itu," ujar Power di Economic Club, seperti dikutip dari CNBC, Jumat (11/1/2019).

"Dari sudut pandang The Fed, kami benar-benar melihat panjang siklus bisnis, itulah kerangka acuan kami. Fiskal jangka panjang, ketidakberlanjutan pemerintah federal AS bukanlah benar-benar sesuatu yang berperan dalam jangka menengah yang relevan untuk keputusan kebijakan kami," lanjut dia.

Powell mengatakan, utang merupakan masalah jangka panjang yang perlu dihadapi oleh Amerika Serikat, dan negara adidaya tersebut tak memiliki banyak pilihan selain menghadapinya.

Komentar Powell tersebut muncul setelah adanya laporand efisit pemerintah AS yang mencapai kisaran 1 triliun dollar AS, angka tersebut membuat para ekonom khawatir akan berpengaruh terhadap keberlanjutan pemerintahan AS di masa depan. Sebelumnya, defisit tahunan juga pernah mencapai 1 triliun dollar AS, namun tidak dalam kondisi di mana pertumbuhan ekonomi tengah berlanjut, dan memunculkan kekhawatiran mengenai apa yang akan terjadi jika ada resesi.

Secara keseluruhan, jumlah utang pemerintah AS berjumlah 21,9 triliun dollar AS, dengan 16 triliun dollar AS merupakan utang kepada masuarakat. Dengan terus berlanjutnya kenaikan suku bunga di bawah pimpinan Powell, biaya bunga yang harus dibayarkan juga akan besar dan bisa menjadi masalah yang besar pula.

Sebagai catatan, Fitch Ratings, salah satu lembaga pemeringkat kredit terkemuka yang menganalisis perusahaan dan pemerintah mengatakan, Rabu (10/1/2019) bahwa penutupan atau 'shutdown' pemerintah yang sedang berlangsung dapat segera mulai memengaruhi kemampuannya untuk lulus anggaran dan dapat memengaruhi skor AAA pemerintah.

https://ekonomi.kompas.com/read/2019/01/11/073000626/gubernur-the-fed-khawatir-dengan-pertumbuhan-utang-as

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.