Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ketika Jokowi Bandingkan Waktu Liburnya dengan Pengemudi Ojek Online

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menilai profesi sebagai pengemudi (driver) transportasi online merupakan pelopor pekerjaan baru di Indonesia. Jam kerjanya pun mememiliki fleksibilitas alias bebas ditentukan sendiri.

Bahkan, Jokowi pun membandingkan waktu liburnya dengan waktu libur yang bisa dinikmati para pengemudi ojek online. Kepala negara mengaku, dirinya tak bisa libur dengan bebas, seperti yang bisa dilakukan pengemudi ojek online yang dapat menentukan waktu libur.

"Pekerjaan ini memberikan semangat untuk Bapak Ibu untuk mengambil waktu sebebas-bebasnya (bekerja). Mau Sabtu dan Minggu libur silakan, mau Senin sampai Minggu libur silakan. Kalau saya enggak Sabtu enggak Minggu, enggak pernah bisa libur, hanya kerja terus," ungkap Jokowi dalam acara Silaturahmi Nasional (Silatnas) Keluarga Besar Pengemudi Online di Kemayoran, Jakarta, Sabtu (12/1/2019).

Menurut Jokowi, profesi pengemudi "online" merupakan model pekerjaan baru di Indonesia. Jenis pekerjaan ini bisa menjadi pilihan atau alternatif buat seseorang mendapatkan pekejaan.

Mereka yang telah memilih profesi ini merupakan orang-orang hebat dan berani kerena telah berhasil menembus batas untuk mendapatkan sekaligus menjalaninya.

"Menjadi pelopor model pekerjaan baru, model pekerjaan masa depan," tuturnya.

Dia juga mengapresiasi seluruh pengemudi transportasi "online" karena telah berani keluar dari zona nyaman dan tradisi untuk memperoleh pekerjaan. Ia pun mengaku bangga bisa berjumpa secara langsung dengan ribuan pengemudi hari ini.

"Hari ini saya bukan hanya senang, tapi merasa sangat bangga bisa bertemu dengan saudara-saudaran sekalian," ujarnya.


https://ekonomi.kompas.com/read/2019/01/12/163630026/ketika-jokowi-bandingkan-waktu-liburnya-dengan-pengemudi-ojek-online

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke