Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Dorong Investasi Sektor Migas, Pemerintah Incar Mitra dari Timur Tengah

"Nanti masih banyak kerja sama lain yang menyusul akan dilakukan," ujar Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian ESDM Djoko Siswanto dalam keterangan tertulisnya, Minggu (13/1/2019).

Sementara itu, Direktur Pembinaan Program Migas Kementerian ESDM Soerjaningsih menambahkan, pemerintah ditawari untuk mengeksplorasi migas di Azerbaijan.

"Yang akan kita laksanakan tahun ini adalah meningkatkan kerja sama dengan Irak dan Azerbaijan. Dengan Azerbaijan, kita ditawari eksplorasi lapangan migas di sana dan juga impor minyak mentah," kata dia.

Selain Azerbaijan, Irak juga menjadi sasaran utama kerja sama dalam pengembangan industri petrokimia, pembangunan kilang dan eksplorasi lapangan migas di negara tersebut melalui PT. Pertamina (Persero).

"Pertamina berminat untuk proyek Tuba Oil Field di Irak, tapi ini masih dibahas, sedang berjalan," tambah Soerjaningsih.

Kendati demikian, kemitraan kedua negara sifatnya masih penjajakan atau negosiasi. Hal ini nanti akan dibahas lebih lanjut dalam pertemuan bilateral antar kedua negara.

Kerja sama dengan berbagai negara ini diharapkan mampu menjaga tren investasi sektor ESDM. Sebagai catatan, realisasi investasi di sektor ESDM tahun 2018 mencapai angka 32,2 miliar dollar AS atau setara Rp 462,83 triliun.

Dari jumlah tersebut, sebesar 12,5 miliar dollar AS merupakan realisasi dari subsektor migas.

Perolehan ini mengalami peningkatan dibandingkan pencapaian 2017 dimana sektor migas baik hulu dan hilir hanya mengangongi investasi senilai 11 miliar dollar AS.

https://ekonomi.kompas.com/read/2019/01/13/140000826/dorong-investasi-sektor-migas-pemerintah-incar-mitra-dari-timur-tengah

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke