Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bukalapak dan Pemprov Bangka Belitung Dorong Pelaku UMKM "Go Digital"

JAKARTA, KOMPAS.com - Perusahaan e-commerce Bukalapak dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepulauan Bangka Belitung sepakat bekerja sama untuk mengembangkan potensi usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). Kedua belah pihak telah meneken nota kesepakatan ini kemarin.

Presiden Bukalapak Fajrin Rasyid mengatakan, pihaknya berkomitmen untuk mengembangkan potensi UMKM yang ada di Indonesia.

"Kali ini bersama Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung kami berharap dapat 'menaikkelaskan' para pelaku usaha dan penetrasi digital di kalangan masyarakat Kepulauan Bangka Belitung akan semakin menyeluruh. Kami juga akan mewujudkan Digital Province dalam berbagai aspek di pemerintahan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung,” kata Fajrin dalam kerangan resminya dikutip Kompas.com, Jumat (18/1/2019).

Fajrin mengatakan, saat ini di Kepulauan Bangka Belitung terdapat 200.000 lebih pelaku UMKM dan 6.000 di antaranya sudah bergabung dengan Bukalapak. Kemudian, ratusan pengusaha warung tradisional telah mendaftarkan warung mereka menjadi bagian dari mitra Bukalapak.

"Jumlah pelapak dan mitra Bukalapak ini akan terus ditingkatkan dengan melakukan edukasi kepada para pelaku UMKM. Berbagai manfaat menjalankan bisnis secara online akan dibagikan melalui kegiatan pendampingan yang akan dilakukan oleh Bukalapak," ujarnya.

Fajrin menuturkan, para pelapak Kepulauan Bangka Belitung diharapkan bisa menjadi penggerak ekonomi daerah setempat sekaligus memperkenalkan produk komoditas unggulan daerah, seperti lada putih kepada masyarakat Indonesia lebih meluas.

"Komunitas Bukalapak saat ini juga telah hadir di Kepulauan Bangka Belitung, juga dapat dimanfaatkan oleh para pelapak untuk berinteraksi dan berdiskusi bagaimana meningkatkan kapasitas diri mereka dalam berbisnis di Bukalapak," lanjutnya.

Bukalapak, lanjut Fajrin, akan memfasilitasi para pelaku usaha dengan mengadakan berbagai kegiatan yang akan menambah kapasitas mereka dalam mengoptimalkan pemasaran barang mereka berbasis online di Bukalapak. Bukalapak juga melakukan pendampingan kepada para pelaku usaha melalui pelatihan yang diberikan sesuai dengan kebutuhan mereka.

Selain itu, Bukalapak juga akan menyediakan halaman khusus untuk pelapak di Kepulauan Bangka Belitung pada situs Bukalapak.


https://ekonomi.kompas.com/read/2019/01/18/145505326/bukalapak-dan-pemprov-bangka-belitung-dorong-pelaku-umkm-go-digital

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke