Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tokopedia: Kenaikan Tarif Pengiriman Barang Kurang Ideal

Vice President of Logistic Tokopedia, Anthony Wijaya menilai, kenaikan tarif pengiriman barang itu oleh penyedia jasa kurang baik untuk konsumen atau masyarakat. Hal ini sedikit banyaknya akan berdampak pada transaksi.

"Kenaikan tarif pengiriman barang tentunya kurang ideal dari sisi pelanggan Tokopedia. Tetapi kami sadar akan adanya tuntutan iklim makroekonomi bagi para pemain logistik," kata Anthony kepada Kompas.com, Jumat (18/1/2019).

Anthony menuturkan, pihaknya akan mencari formula terbaik supaya kenaikan tarif pengiriman barang itu tidak terlalu berdampak. Mereka terus bersinergi dengan perusahaan penyedia jasa memberikan pelayanan terbaik.

"Tokopedia sebagai platform teknologi akan terus berinovasi bersama mitra logistik kami untuk meningkatkan kualitas dan kecepatan pelayanan kami," ujarnya.

Selain bersinergi dengan penyedia jasa pengiriman barang atau kurir, Tokopedia akan meningkatkan jaringan pelayanan dan penggunaan data yang lebih baik. Mereka berharap dapat membantu meningkatkan efisiensi rantai perdagangan dan memberikan tarif pengiriman barang yang terbaik bagi para pelanggan Tokopedia.

"Tokopedia juga berharap dari sisi mitra bisa menghadirkan peningkatan implementasi teknologi dari perusahaan penyedia jasa. Seperti pemakaian mesin sorting otomatis untuk mempercepat proses sortir atau penyediaan jasa pemenuhan (fulfilment), sehingga barang-barang bisa didekatkan ke konsumen dan bisa menekan biaya pengiriman," imbuhnya.

Anthony enggan menjelaskan seberapa besar pengaruh kenaikan tarif pengiriman barang pada transaksi, baik pemesan maupun penjualan di Tokopedia.

Sebelumnya, Asperindo menyatakan terpaksa menaikkan tarif pengiriman barang awal 2019 ini. Sebab tarif Surat Muatan Udara (SMU) telah dinaikkan oleh maskapai atau airline. Ini merupakan salah satu dasar asosiasi menaikkan tarif pengiriman barang.

Sisi lain, Yayasan Perlindungan Konsumen Indonesia (YLKI) menekankan perusahaan penyedia jasa mencermati kenaikan ini dengan bijaksana. Agar tidak dijadikan kesempatan untuk meraup untuk besar tanpa memikitkan konsumen.

https://ekonomi.kompas.com/read/2019/01/19/060700126/tokopedia-kenaikan-tarif-pengiriman-barang-kurang-ideal

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke