Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pemilu Tinggal Hitungan Bulan, Kondisi Ekonomi Positif

"Risiko politiknya adalah setahun sampai setengah tahun. Begitu ada calon pasti, semakin dekat ke pemilu, kita bisa dapat gambaran siapa calon yang kuat," ujar Ridwan di Main Hall Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Senin (21/1/2019).

"Jadi dari sisi risiko cenderung lebih kecil mendekati Pilpres nanti," lanjut dia.

Ridwan mengatakan, sebelum ada calon yang pasti dalam Pemilu, pasar mengalami ketidakpastian. Pelaku pasar cenderung wait and see melihat kondisi politik Indonesia.

Dari pengalaman Pemilu sebelumnya, justru indeks harga cenderung naik begitu dekat dari hari H. Meski diprediksi tumbuh, potensi gejolak itu tetap ada jika muncul konflik imbas pengumuman presiden terpilih.

"Biasanya ada sedikit euforia saat Pilpres. Semoga lancar-lancar saja, tidak ada ribut," kata Ridwan.

Selain itu, Pemilu juga otomatis meningkatkan konsumsi dan daya beli masyarakat. Hal ini menunjukkan tanda positif karena berpengaruh pada pertumbuhan ekonomi. Selain itu, ada gaji ke-13 dan kenaikan gaji bagi pegawai negeri sipil mendongkrak indeks konsumsi.

"Ini secara langsung bisa meningkatkan pendapatan dan konsumsi masyarakat. Bantuan langsung tunai juga dampaknya besar, utamanya bagi kelas bawah," kata Ridwan.

https://ekonomi.kompas.com/read/2019/01/21/131458226/pemilu-tinggal-hitungan-bulan-kondisi-ekonomi-positif

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke