Salin Artikel

Citilink Tanamkan "Wifi On Board" di Pesawat, Ini Informasinya...

Wifi on board merupakan fasilitas yang bisa dinikmati penumpang sepanjang durasi penerbangan untuk berselancar di dunia maya meski berada dalam pesawat.

Saat ini, Citilink melakukan uji coba wifi on board di salah satu pesawat dengan rute Jakarta-Denpasar pada Rabu (16/1/2019). Namun, ada rencana untuk menambah wifi on board di sejumlah pesawat lain.

"Citilink Indonesia mengoperasikan 50 unit pesawat Airbus A320, dan baru terpasang wifi di pesawat dengan nomor registrasi PK-GQR," ujar Vice President Sales & Distribution, Amalia Yaksa Parijata saat dihubungi Kompas.com pada Selasa (22/1/2019).

"Tahun ini targetnya baru 20 pesawat Airbus A320 yang akan dipasang wifi," ujar Amalia.

Meskipun wifi gratis telah terpasang dalam pesawat, penumpang diwajibkan untuk mematikan koneksi internet saat berada di dalam pesawat, ketika pesawat mendarat, dan juga ketika pesawat sedang terparkir di apron.

"Karena termasuk maskapai berbiaya hemat (low cost carier), Citilink hanya menerapkan satu kelas saja, kelas ekonomi," ujar Amalia.

Sementara, untuk mengaktifkan InFlight Wifi Citilink, penumpang perlu mengubah setting ponsel ke mode pesawat atau airplane mode.

Pertama, hidupkan wifi connection pada ponsel dan pilih InFlight Wifi. Setelah itu, pilih "continue" untuk akses masuknya. Lalu, masukan alamat email dan klik kotak.

Setelah melakukan aktifasi, setiap penumpang hanya diberlakukan kuota sebesar 50 megabyte. Jika kuota ini habis, maka bisa diisi ulang dengan cara yang serupa.

Untuk informasi lebih lanjut, penumpang bisa mengunjungi laman citilink.co.id.

"Koneksi internet ini sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan pasar. Secara teknis, aplikasi penggunaannya dibuat simple dan memudahkan penumpang," ujar Amalia

Menurut dia, penyediaan wifi gratis ini merupakan salah satu upaya Citilink Indonesia sebagai digital airline yang dapat menjadi penghubung dalam berinteraksi berbasis digital.

Selain itu, dalam memberikan dukungan Indonesia sebagai The Digital Energy of Asia di tahun 2020 mendatang, Citilink akan terus membidik pasar milenial.

Pasar milenial ini dinilai lebih berpotensi, karena penumpang Citilink rata-rata berusia 25-29 tahun. Kaum milenial menempatkan koneksi internet sebagai kebutuhan primer.

Selanjutnya, Citilink berencana akan memasang fasilitas wifi on board dalam 50 pesawat Citilink.

https://ekonomi.kompas.com/read/2019/01/22/143730726/citilink-tanamkan-wifi-on-board-di-pesawat-ini-informasinya

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.