Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Arab Saudi dan Uni Emirat Arab Sepakat Ciptakan Mata Uang Kripto Baru

NEW YORK, KOMPAS.com - Uni Emirat Arab (UEA) dan Arab Saudi mengumumkan kesepakatan untuk bersama-sama menciptakan mata uang kripto baru. Hal ini berdasarkan warta kantor berita UEA Emirate News Agency, akhir pekan lalu.

Dikutip dari Cointelegraph, Selasa (22/1/2019), Komite Eksekutif Lembaga Koordinasi Saudi-Emirat telah mengadakan pertemuan di ibukota UEA Abu Dhabi. Pertemuan itu dihadiri 16 orang anggota dari kedua negara.

Di dalam pertemuan itu dibahas sejumlah inisiatif antara kedua negara, antara lain penerbangan sipil, pelatihan literasi keuangan untuk kaum muda, dan pengembangan mata uang digital lintas batas. Dikabarkan bahwa mata uang kripto tersebut hanya ditargetkan secara terbatas untuk perbankan dalam fase uji coba.

Uji coba dilakukan untuk memiliki pemahaman lebih baik terkait implikasi teknologi blockchain dan memfasilitasi pembayaran lintas batas. Proyek mata uang kripto bersama tersebut juga akan mencakup penelitian terkait dampak mata uang tersentralisir terhadap kebijakan finansial.

Di dalam inisiatif tersebut juga disebutkan terkait perlindungan konsumen, penciptaan standar untuk teknologi, dan pertimbangan risiko keamanan siber. Selain itu, dipertimbangkan pula mengenai dampak mata uang tersentralisir terhadap kebijakan moneter.

Pada Desember 2018 lalu diwartakan bahwa bank sentral UEA berkolaborasi dengan Otoritas Moneter Arab Saudi untuk menerbitkan mata uang kripto yang diterima untuk transaksi lintas batas kedua negara. UEA pun dikabarkan ingin menjadi destinasi utama kegiatan bisnis terkait blockchain pada tahun ini.

https://ekonomi.kompas.com/read/2019/01/22/153553326/arab-saudi-dan-uni-emirat-arab-sepakat-ciptakan-mata-uang-kripto-baru

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads

Copyright 2008 - 2023 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

Bagikan artikel ini melalui
Oke