Salin Artikel

Berita Populer: Menyelamatkan BPJS Kesehatan hingga Sri Mulyani soal Imbauan IMF

Kementerian Kesehatan menerbitkan Peraturan Menkes Nomor 51 Tahun 2018 yang mengatur aturan main soal urun biaya dan selisih biaya untuk JKN-KIS.

Aturan mengenai urun biaya menyebutkan, ada tambahan biaya bagi peserta untuk rawat jalan dan rawat inap. Untuk rawat jalan, besarannya Rp 20.000 untuk setiap kali kunjungan rawat jalan di RS kelas A dan RS kelas B, Rp 10.000 untuk setiap kali kunjungan rawat jalan di RS kelas C, RS kelas D, dan klinik utama.

Biaya paling tinggi sebesar Rp 350.000 untuk paling banyak 20 kali kunjungan dalam waktu 3 bulan. Adapun untuk rawat inap, besaran urun biayanya adalah 10 persen dari biaya pelayanan.

Angkanya dihitung dari total tarif INA CBG's setiap kali melakukan rawat inap, atau paling tinggi Rp 30 juta. Selanjutnya, BPJS Kesehatan akan membayar klaim RS dikurangi besaran urun biaya tersebut.

Baca selengkapnya di sini


2. Sri Mulyani: Imbauan IMF Kurangi Rasio Utang Tak Berlaku untuk Indonesia

Menteri Keuangan Sri Mulyani menganggap rasio utang Indonesia masih berada di level aman. Hal ini terkait imbauan Dana Moneter Internasional ( IMF) agar negara-negara perlu memitigasi beban utang.

Baru-baru ini, IMF merilis laporan outlook ekonomi dunia yang menurunkan target pertumbuhan ekonomi global. Di dalam laporan tersebut, IMF menyatakan perlu kerangka kerja makroprudensial yang kuat untuk mengatasi beban utang.

"Kan ada negara advanced country (negara maju), bahkan di Eropa yang debt to GDP ratio (rasio utang terhadap produk domestik bruto/PDB) itu sudah di atas 60, ada yang 80, bahkan 100 persen. Negara-negara seperti itu mereka pasti melakukan konsolidasi fiskal," ujar Sri Mulyani di Jakarta, Selasa (22/1/2019).

Baca selengkapnya di sini

3. Ingin Dapat Pekerjaan Impian? Cantumkan 6 Kata Ini di Surat Lamaran

Surat lamaran adalah aspek penting dalam mencari kerja. Tujuan surat lamaran bukan meminta pekerjaan secara sopan, tetapi lebih dari itu.

Pakar karier Vicki Salemi memandang, ada sejumlah kata kunci yang bisa membuat surat lamaran kerja Anda menarik perhatian perekrut dan Anda memperoleh pekerjaan yang diidamkan.

"Anda bisa menarik perhatian manajer HRD dengan berbicara dalam bahasa perusahaan. Pelajari deskripsi pekerjaan perusahaan sebelum melamar, revisi surat lamaran Anda, dan lakukan riset cepat dan ganti kata-kata dalam surat lamaran berdasarkan bahasa perusahaan," jelas Salemi seperti dikutip dari Reader's Digest, Rabu (23/1/2019).

Setiap pekerjaan tentu memiliki persyaratan yang berbeda. Berikut ini 6 kata yang harus dimasukkan ke dalam surat lamaran Anda agar bisa memperoleh pekerjaan yang Anda idamkan.

Baca selengkapnya di sini

4. Catat, Garuda Indonesia Akan Beri Diskon Harga Tiket hingga 70 Persen

Maskapai Garuda Indonesia akan memberikan diskon harga tiket hingga 70 persen ke beberapa destinasi. Promosi ini dilakukan maskapai plat merah itu dalam rangka memperingati ulang tahunnya yang ke-70.

"Kita akan melakukan Garuda Group Anniversary Festival di 26 sampai 31 (Januari 2019). Kita akan menyiapkan di jalur tertentu itu 1.000 seat dengan harga 70 persen lebih murah daripada harga normal," ujar Direktur Utama Garuda Indonesia Ari Askhara di Garuda Indonesia Training Center, Jakarta Barat, Rabu (23/1/2019).

Ari menambahkan, rute-rute yang mendapat diskon hingga 70 persen, yakni Denpasar, Surabaya, Yogyakarta, Aceh dan Padang. Sedangkan yang mendapat diskon 50 persen, yaitu rute Ambon, Makassar dan Jayapura.

"Jadi semuanya kita turunkan, memang terjadi pertanyaan dari masyarakat 'Kok cuma segitu (1.000 kursi) sih kapasitasnya'. Ya kita biasanya menawarkan yang murah dulu yang kapasitas 30 persen, kalau permintaan naik otomatis secara bertahap tiketnya pasti akan naik. Biasanya yang terakhir dapat harga yang paling mahal, biasanya yang besok atau dua hari lagi berangkat itu yang paling mahal," kata Ari.

Baca selengkapnya di sini

5. Mengapa Harga Tiket Pesawat Mahal?

Pada saat ini kita semua sedang terjebak dalam sebuah ruangan yang bernama “penerbangan berbiaya murah”.

Penerbangan berbiaya murah sebenarnya “hanya” sebuah model bisnis atau strategi marketing. Model ini memotong biaya-biaya yang dianggap tidak begitu perlu untuk dibebankan kepada penumpang. Misalnya, makan minum dan fasilitas bagasi serta beberapa sektor lainnya.

Persoalan yang kemudian terjadi, maskapai penerbangan berlomba-lomba menurunkan harga karena persaingan yang tidak bisa dihindari. Padahal, aslinya, biaya operasi penerbangan memang tinggi.

Menurunkan harga untuk mengejar penerbangan berbiaya murah telah berhasil membius masyarakat luas tentang penerbangan yang ternyata bisa diselenggarakan dengan biaya murah.

Baca selengkapnya di sini

https://ekonomi.kompas.com/read/2019/01/24/050900026/berita-populer-menyelamatkan-bpjs-kesehatan-hingga-sri-mulyani-soal-imbauan

27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.