Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mensos Optimistis Angka Kemiskinan Bisa Turun ke 9 Persen Tahun Ini

Dengan bertambahnya penerima bantuan, diharapkan angka kemiskinan bisa ditekan ke angka 9 persen. Diketahui, pada 2018, angka kemiskinan pertama kalinya menyentuh single digit di 9,8 persen.

"Target kami 9 persen untuk angka kemiskinan," kata Agus di Jakarta, Senin (28/1/2019).

Pada 2018, KPM yang dijangkau Kemensos sebanyak 10,2 juta keluarga. Sedangkat target tahun ini adalah 15,6 juta. Agus mengatakan, selain dengan BPNT, masih ada program Kemensos lainnya seperti program keluarga harapan yang juga menyokong kebutuhan masyarakat miskin di luar pangan.

"Pasti ini akan memberi banyak kontribusi menurunkan angka kemiskinan juga perbaikan gini rasio," kata Agus.

Pada tahun ini, Kemensos melakukan program transformasi secara keseluruham dari Program Pemberian Beras Sejahtera (Rastra) menjadi program BPNT. Secara kualitas, bahan pangan yang diterima KPM untuk program BPNT bisa lebih baik.

"Medio 2019 kami targetkan 15,6 KPM sudah BPNT," kata dia.

Pemerintah mengalokasikan Rp 20,1 triliun untuk bantuan di 2019. Sementara jumlah bantuan yang diterima KPM masih sama dengan tahun sebelumnya, yakni masing-masing Rp 110.000 perkeluarga.

Agus meyakini target mereka tahun ini bisa lebih efektif menekan angka kemiskinan karena beberapa survei mengatakan demikian. Ia mencontohkan survei yang dilakukan MicroSave yang menyebutkan 96 responden KPM puas dengan program BPNT. Hal ini menunjukkan baik efektivitas maupun efisiensinya lebih tinggi.

"Ketika efektivitas dan efisiensi tinggi, dan dalam upaya mengurangi kemiskinan, pasti akan turun," kata Agus.

https://ekonomi.kompas.com/read/2019/01/29/063700326/mensos-optimistis-angka-kemiskinan-bisa-turun-ke-9-persen-tahun-ini

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke