Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Negosiasi Perang Dagang, Rombongan Delegasi China Tiba di AS

WASHINGTON, KOMPAS.com - Delegasi China untuk negosiasi perang dagang antara negara ekonomi kedua dunia dengan Amerika Serikat telah tiba di Washington, Amerika Serikat, Senin, (28/1/2019) waktu setempat.

Dikutip dari AFP, Selasa (29/1/2019), delegasi besar yang dipimpin oleh Wakil Perdana Menteri Liu He dan termasuk Gubernur Bank Sentral China tiba bersamaan dengan diajukannya dua tuntutan pidana kepada perusahaan telekomunikasi China Huawei. Ini terkait tuduhan pelanggaran sanksi terhadap Iran dan konspirasi mencuri rahasia dagang perusahaan AS T-Mobile US Inc.

Kejadian tersebut kemungkinan akan membuat proses negosiasi kedua negara justru berjalan semakin alot.

Sebagai catatan, masa gencatan tarif antara China dan Amerika Serikat tinggal sebulan lagi sejak deklarasi yang dilakukan pada Desember 2018 lalu oleh Presiden Amerika Serikat Donald Trump dan Presiden China Xi Jinping.

Akibat gencatan tarif tersebut, Amerika Serikat menunda penerapan tarif untuk ratusan miliar produk ekspor China yang kemungkinan bisa semakin menggerus pertumbuhan ekonomi China dan perekonomian global.

Sementara dalam negosiasi kali ini, Presiden Trump akan Bertemu Liu He selama dua hari mulai esok hari, Rabu (30/1/2019). Banyak pihak yang berspekulasi dengan hasil negosiasi esok hari.

Pasar keuangan global telah mengalami peningkatan dalam beberapa pekan terakhir lantaran berekspektasi positif terhadap hasil kesepakatan kedua raksasa ekonomi dunia.

Namun, pertemuan yang terjadi beberapa hari setelah Departemen Kehakiman AS mengumumkan dakwaan terhadap raksasa ekonomi China Huawei dan juga Direktur Keuangannya Meng Wangzhou.

Walaupun demikian, Menteri Perdagangan AS Willbur Ross mengatakan dakwaan tersebut tidak akan memengaruhi negosiasi perdagangan AS dengan China.

https://ekonomi.kompas.com/read/2019/01/29/203000726/negosiasi-perang-dagang-rombongan-delegasi-china-tiba-di-as

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke