Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Sudah Berpenghasilan, Gen Z Harus Pertimbangkan Beli Rumah

JAKARTA, KOMPAS.com - Kebutuhan tempat tinggal sama pentingnya dengan kebutuhan pangan dan sandang. Oleh karena itu, ketika sudah bekerja dan memiliki penghasilan sendiri, ada baiknya menyisihkan penghasilan untuk membeli tempat tinggal.

Head of Marketing Rumah.com Ike Hamdan menjelaskan, keputusan untuk membeli rumah atau hunian lainnya harus secepatnya diambil oleh generasi muda yang baru saja memasuki dunia kerja. Semakin muda usia saat membeli rumah, maka akan semakin baik karena masa muda masih belum banyak tanggungan.

“Begitu juga bagi Generasi Z yang di tahun 2019 ini mulai memasuki dunia kerja," kata Ike dalam keterangannya, Kamis (31/1/2019).

Tahun ini adalah tahun penting bagi Gen Z, imbuh Ike, karena mereka akan berusia 21 tahun. Artinya, secara hukum mereka sudah dianggap secara penuh cakap bertindak atas nama diri sendiri untuk bekerja, berpenghasilan, menabung, berinvestasi, dan mengelola hutang termasuk diantaranya untuk membeli rumah atau properti lainnya dengan menggunakan fasilitas kredit seperti KPR atau KPA.

Untuk Gen Z yang baru memulai hidup mandiri, pemahaman keuangan sejak awal menjadi sangat penting. Saat karir dan pendapatan meningkat, fundamental yang kuat akan membantu mereka mengelola relasi yang sehat dengan uang.

Salah satunya dengan mempraktikkan prinsip keuangan 10-20-30-40: 10 persen dana darurat, 20 persen tabungan dan investasi, 30 persen utang produktif, serta 40 persen kebutuhan hidup.

Lihat proporsinya bahwa mulai dengan dana darurat dan tabungan, bukan sebaliknya. Ini penting agar sudah teralokasikan di awal dan bukan dari sisa gaji. Apalagi kalau menabung dari sisa gaji biasanya jarang terwujud karena sering tak ada sisanya.

“Apabila mereka mau membeli rumah sejak usia dini, hal itu akan menjadi aset yang nilainya akan naik berlipat-lipat saat mereka sudah berusia 40 tahunan. Rumah dan pengetahuan untuk membeli properti yang tepat adalah harta yang paling berharga, selain keluarga,” sebut Ike.

Gen Z pun kini dapat memanfaatkan portal direktori panduan membeli properti seperti Rumah.com. Sebab, portal ini mencakup panduan lengkap, mulai dari cara mengumpulkan uang untuk uang muka, memilih cicilan KPR yang ideal, hingga menimbang-nimbang lokasi yang terbaik.

https://ekonomi.kompas.com/read/2019/01/31/122213426/sudah-berpenghasilan-gen-z-harus-pertimbangkan-beli-rumah

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke