Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Imbas Brexit, Pertumbuhan Ekonomi Inggris Semakin Anjlok di 2019

LONDON, KOMPAS.com - Pertumbuhan ekonomi Inggris diprediksi akan mencapai titik terlemahnya dalam satu dekade karena ketidakjelasan keluarnya Inggris dari Uni Eropa (Brexit) juga melemahnya perekonomian global.

Bank sentral Inggris Bank of England (BoE) mengatakan, pertumbuhan ekonomi Inggris pada 2019 akan lebih lambat dibandingkan dengan 2018 yang telah melemah lantaran Brexit.

Anggota Komite Kebijakan Moneter (MPC) BoE yang dipimpin Mark Carney pun memutuskan untuk tidak menaikkan suku bunga dan menahannya di posisi 0,75 persen 50 hari sebelum resminya Inggris keluar dari Uni Eropa.

"Pertumbuhan ekonomi Inggris telah melemah pada akhir 2018 lalu, dan diprediksi akan kembali melemah di awal tahun 2019. Perlambatan ini nantinya tercermin dari melemahnya aktifitas di luar negeri juga dampak dari Brexit di dalam negeri," ujar para pembuat kebijakan di bank sentral seperti dikutip dari CNBC, Jumat (8/2/2019).

BOE menurunkan target pertumbuhan ekonominya di 2019 secara tajam dari 1,7 persen pada November lalu, menjadi hanya 1,2 persen.

Revisi tersebut merupakan pemangkasan prediksi pertumbuhan ekonomi terbesar setelah periode referendum Brexit pada 2016 lalu. Hal tersebut sekaligus mengonfirmasi bahwa bank sentral memproyeksi pertumbuhan ekonomi Inggris akan kembali melemah setelah krisis finansial global 2008 lalu.

Adapun untuk 2020, pertumbuhan ekonomi pun direvisi akan berada pada posisi 1,5 persen dari yang sebelumnya 1,7 persen.

Gubernur BoE Mark Carney mengatakan, jatuhnya harga minyak mentah akan membuat inflasii Inggris di bawah target 2 persen dalam jangka pendek sebelum akhirnya kembali naik dan sedikit melampaui target dalam satu tahun.

Keputusan bank sentral sekaligus proyeksi makroekonomi tersebut dilakukan seiring dengan pertemuan Perdana Menteri Inggris Theresia May dengan pimpinan Uni Eropa di Brussels. Dia ingin meyakinkan Uni Eropa mempertimbangkan untuk membuat perubahan yang mengikat secara hukum pada kesepakatan Brexit.

"Kabut Brexit menciptakan ketegangan di pasar keuangan. Sekarang, bagaimana ketegangan-ketegangan ini direkonsiliasi begitu kabut diangkat akan memiliki konsekuensi bagi jalur kebijakan moneter dengan cara yang tidak dapat diprediksi sebelumnya,” ungkap Carney.


https://ekonomi.kompas.com/read/2019/02/08/074500726/imbas-brexit-pertumbuhan-ekonomi-inggris-semakin-anjlok-di-2019

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke