Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tiket Kereta Api untuk Mudik Lebaran Bisa Dipesan Mulai Hari Ini

Moda transportasi ini dipilih lantaran dianggap bisa mengantarkan orang ke kampung halaman dengan cepat tanpa terkena macet. Atas dasar itu, tiket kereta api selalu diburu masyarakat setiap tahun.

Untuk Lebaran tahun ini saja, PT Kereta Api Indonesia (KAI) selaku operator sudah menjual tiket mulai H-90. Terhitung, sejak Senin, 25 Februari 2019 pukul 00.00, masyarakat sudah bisa memesan tiket kereta api untuk mudik Lebaran.

“Mulai 25 Februari pukul 00.00, tiket sudah bisa dipesan. Kami ingin sampaikan tiket bisa didapatkan di semua channel yang biasa kami jual. Akan lebih baik calon penumpang memesannya di KAI Access,” ujar Direktur Utama PT KAI Edi Sukmoro di Jakarta, Minggu (24/2/2019).

Calon penumpang bisa melakukan pemesanan tiket di loket stasiun, vending machine, minimarket, Contact Center KAI, atau secara online melalui website dan aplikasi KAI Access.

Cara pesan tiket online pun cukup mudah. Calon penumpang tinggal memilih stasiun keberangkatan, stasiun tujuan, tanggal keberangkatan, dan jumlah penumpang yang akan menggunakan layanan kereta.

Pembayaran dapat dilakukan melalui ATM sejumlah bank yang terdaftar atau melalui minimarket. Setelah membayar, calon penumpang akan menerima bukti transaksi berisi kode booking, data diri, dan data perjalanan untuk ditukarkan menjadi tiket.

“KAI juga mewanti-wanti masyarakat agar membeli tiket Lebaran di channel resmi KAI atau mitra resmi yang telah bekerja sama dengan KAI. Tujuannya untuk menghindari penipuan atau biaya jasa yang tidak wajar," kata Edi.

Untuk memberikan kenyamanan bagi penumpang saat melakukan pemesanan tiket, KAI telah menambah kapasitas bandwidth server. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi server down karena diakses calon penumpang secara bersamaan.

“Kami antisipasi (server down) dengan membesarkan sistem bandwidth dua kali lipat jadi 400 megabytes. Mudah-mudahan enggak ada gangguan. Kemampuan server kami tingkatkan juga,” ucapnya.

Kendati telah menjual tiket dari jauh-jauh hari, KAI membatasi penjualan. Per hari hanya ada 247.010 tiket yang dijual untuk musim Lebaran tahun ini. Masyarakat pun perlu berlomba-lomba agar tak kehabisan tiket.

Sebab, pada Lebaran tahun ini KAI hanya akan mengoperasikan 356 kereta api reguler. Namun, jika animo masyarakat tinggi, KAI akan menambah 50 kereta lagi.

Tambahan 50 kereta selama Lebaran 2019 terdiri dari 27 eksekutif dan bisnis, 11 ekonomi non-PSO, 4 ekonomi PSO, dan 8 kereta yang memanfaatkan rangkaian idle. Namun, tiket kereta tambahan itu baru dapat dipesan mulai H-60 Lebaran.

https://ekonomi.kompas.com/read/2019/02/25/085816626/tiket-kereta-api-untuk-mudik-lebaran-bisa-dipesan-mulai-hari-ini

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke