Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Parade Lagu SBY di Parade Senja

Kompas.com - 02/04/2008, 17:17 WIB

JAKARTA, SELASA - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono bersama Ibu Negara Ny Ani Bambang Yudhoyono, Rabu (2/4) sore, menyempatkan menghadiri Parade Senja di halaman depan Istana Merdeka, Jakarta. Wapres Muhammad Jusuf Kalla yang di buku acara dijadwalkan hadir dalam acara itu, justru tidak terlihat. Disebut-sebut Wapres Kalla di jam yang sama menerima pengembang rumah sehat sederhana (RSH) didampingi oleh Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri Nasional (Kadin) MS Hidayat.

Presiden dan Ny Ani Bambang Yudhoyono duduk hanya didamping oleh Menteri Sekretaris Negara Hatta Radjasa di sebelah kanan Presiden, dan duduk di sebelah kiri Ibu Negara adalah Sekretaris Kabinet Sudi Silalahi. Mereka mengenakan baju batik.

Parade Senja merupakan acara prosesi pergantian pasukan kawal kepresidenan dan penurunan bendera Merah Putih, yang disertai dengan kolone senjata dan pertunjukkan marching band, yang sejak era mantan Presiden Soeharto digear setiap tanggal 17 setiap bulannya. Acara itu biasanya hanya digelar sekitar satu jam, menjelang senja.

Namun, kali ini, parade senja yang dimulai pukul 15.45 wib, tak hanya disertai dengan acara rutin kolone senjata dan pertunjukan marching band saja. Sore ini istimewa karena diperdengarkan pula lagu-lagu karya Presiden Yudhoyono yang dibawakan oleh orkestra Pasukan Pengaman Kepresidenan (Paspampres) bersama Pilot Band. Dua lagu Presiden diiringi tarian 300 penari poco-poco.

Dari buku acara yang dikeluarkan panitia, tercatat ada 10 lagu karya Presiden Yudhoyono yang diperdengarkan kepada undangan yang hadir di acara Parade Senja. Juga satu lagu karya Pilot Band. Tercatat, sebagian besar dari 10 lagu itu adalah lagu-lagu baru Presiden yang belum dipublikasikan.

Menanggapi Parade Senja yang acaranya dimulai sebelum senja itu sehingga menyebabkan kemacetan di Jalan Merdeka Timur dan sekitarnya, serta ditampilkannya banyak lagu karya Presiden, seorang wartawan menyeletuk, "Ini Parade Senja dan Parade Lagu-Lagu Karya SBY".

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com