Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tempe, Sumber Protein Masa Depan

Kompas.com - 28/07/2008, 09:23 WIB

Ungkapan “jangan menjadi bangsa tempe”, seolah-olah memosisikan tempe sebagai makanan yang tidak bergizi dan membuat lemah si pemakannya. Padahal, tempe makanan sarat gizi.

Seratus gram tempe kedelai murni mengandung 149 kalori, 18,3 gr protein, 4 gr lemak, 12,7 gr karbohidrat, 129 mg kalsium, 154 mg fosfor, 10 mg zat besi, selain juga mengandung vitamin A dan B, serta serat. Kandungan isoflavon pada tempe diyakini dapat menguatkan tulang dan mengurangi risiko penyakit jantung koroner.

Bahkan, ketika warga Amerika jenuh dengan makanan berlemak dan beralih mencari sumber protein nabati, tempe adalah satu-satunya yang dianggap sebagai pengganti dan disebut sebagai "protein masa depan". Tempe dinyatakan bisa mengurangi kadar kolesterol dalam darah.

Di AS dan Eropa, tempe diolah menjadi burger, sandwich, pizza, tortilla, dan taco. Orang Indonesia patut berbangga sebab tempe asli hasil temuan bangsa Indonesia. Diperkirakan, sejak abad ke-16 tempe sudah dibuat di Jawa Tengah. Jadi, jangan malu menjadi bangsa tempe atau menyantap tempe.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com