Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Visa Perbarui Kartu Kreditnya

Kompas.com - 12/11/2008, 09:07 WIB

JAKARTA, RABU – Pengguna kartu kredit yang suka bertransaksi di Internet (online shopping) biasanya deg-degan menuliskan nomor kartu kreditnya, khususnya angka-angka di bagian belakang kartu. Kuatir angka-angka itu dibajak dan disalahgunakan oleh orang tak berhak.

Di Eropa, kekuatiran dijawab oleh Visa Eropa dengan cara memperbarui kartu kreditnya. Kartu baru yang sedang dalam tahap uji coba tersebut dirancang untuk membuat belanja online maupun belanja via telepon lebih aman. Di kartu tersebut terdapat keypad 12 digit dengan diplai di bagian belakang.

Sistem kerjanya sederhana saja: masukkan PIN Anda dan buatlah kode sekuriti yang hanya berlaku satu kali. Panduan resminya sebagai berikut:
1. Ketika belanja online atau logging ke layanan perbankan online, konsumen mengaktifkan proses otentifikasi dengan cara menekan tombol opsi yang sesuai di keypad kartu.
2. Saat diminta, konsumen memasukkan PIN standarnya ke keypad yang tertanam di kartu
3. Maka akan muncul sebuah kode unik yang hanya berlaku satu kali pada panel displai. Kode inilah yang digunakan konsumen untuk mengotentifikasikan transaksi yang berlangsung.
Kartu Visa tersebut juga dapat dipakai untuk memverifikasikan identitas bank Anda melalui panggilan telepon. Fisiknya sendiri tidak lebih tebal dari kartu standar yang ada sekarang, dan kabarnya sama awetnya. Batere di dalam kartu ini dirancang untuk bertahan sampai tiga tahun.

Empat bank di Eropa (MBNA, perusahaan dari Bank of America di Inggris; Cornèr Bank di Switzerland; Cal di Israel dan IW Bank di Italia) akan segera memulai proyek pilot kartu Visa ini dalam beberapa bulan mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com