Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Transjakarta Ekspres Akan Dioperasikan Selama 2 Hari

Kompas.com - 02/01/2009, 21:36 WIB

JAKARTA, JUMAT - Badan Layanan Umum (BLU) Transjakarta akan mengoperasikan Transjakarta Ekspres, dari Sabtu hingga Minggu esok, yang diperkirakan merupakan puncak hari libur sebelum anak-anak kembali masuk sekolah. Sebagian bus yang beroperasi hanya akan berhenti di dua halte, pemberangkatan dan akhir.   

Kepala BLU Daryati Asrining Rini mengatakan, hal ini bertujuan untuk mengantisipasi membludaknya calon penumpang di halte-halte tersebut. Jalur tersebut adalah Halte Pulogadung-Halte SMKN 57 Jakarta, dan Halte Dukuh Atas-SMKN 57 Jakarta.

Untuk rute Halte Pulogadung-Halte SMKN 57 Jakarta, bus transjakarta ekspres akan beroperasi setiap setengah jam dari pukul 08.00-10.00. Dengan demikian, calon penumpang yang ingin pergi ke Halte SMKN 57 tidak perlu transit di Halte Dukuh Atas.

Sementara itu, untuk rute Halte Dukuh Atas-SMKN 57 Jakarta, bus transjakarta ekspres baru beroperasi pada pukul 14.00, dan berlangsung selama beberapa jam, tergantung kondisi.

"Selain bus transjakarta ekspres, kami tetap melayani layanan bus transjakarta reguler, yaitu berhenti di setiap halte," ujar Rini kepada Kompas.com, Jumat (2/1) di Jakarta. Rini menambahkan, petugas lapangan akan menempelkan pemberitahuan keberadaan Transjakarta Ekspres di loket-loket tiket, esok.

Transjakarta Express disediakan untuk mengantisipasi membludaknya calon penumpang yang mengantre di halte-halte busway seperti yang terjadi beberapa hari terakhir. Membludaknya penumpang, jelas Rini, diakibatkan minimnya bus Transjakarta yang beroperasi saat liburan awal tahun.

Berdasarkan pantauan Kompas.com, Rabu (31/12) sore di halte Senen, calon penumpang yang hendak pergi ke Halte Ancol harus menunggu bus minimal 45 menit. Penumpang di Halte Dukuh Atas juga harus mengantre lebih dari tiga jam, Selasa (1/1) sehingga mengular hingga puluhan meter.

Itu pun bus sudah dalam kondisi penuh dari Kampung Melayu, sehingga hanya sedikit yang terangkut. Hal ini sempat memicu aksi dorong-mendorong di antara penumpang yang kesal karena lamanya bus tiba. Sekitar puluhan penumpang yang tidak tahan memilih keluar antrean dan menggunakan bus umum biasa, dengan risiko terjebak macet.

Di tahun 2009 ini, Rini mengaku tidak memiliki program baru. Kami akan melakukan perbaikan layanan terhadap masyarakat, serta berbenah diri, ujar Rini. BLU juga tidak akan menambah koridor baru tahun ini, tapi hanya merealisasikan rencana pengoperasian Koridor VIII jurusan Lebak Bulus-Harmoni, dan Koridor IX jurusan Pinangranti-Pluit. Sedianya, Koridor VIII dijadwalkan akan beroperasi pada awal tahun 2009.

Namun, rencana ini tertunda akibat dampak adanya perbedaan tarif tempuh per kilometer dengan koridor IV, V, VI, dan VII. Akhirnya, koridor sepanjang 26 km dan terdiri dari 17 unit halte ini baru beroperasi pada bulan Februari mendatang. Sedangkan Koridor IX, yang terdiri dari 24 halte, baru akan beroperasi pada bulan Oktober 2009. Namun, satu bulan sebelumnya, bus transjakarta akan diujicobakan di jalur seluar 29,9 km tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com