Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Express Bank Perluas Layanan Kartu Debit Syariah

Kompas.com - 06/01/2009, 22:26 WIB

JULI tahun lalu adalah debut Express Bank, sebuah bank regional di Rusia, untuk kartu debit syariah di Republik Dagestan. Kesuksesan itu menjadi alasan bagi Express Bank untuk memperluas cakupan kartu tersebut. Agar lebih muda, Express memanfaatkan sistem online.

Sebelumnya, seperti dikutip dari www.alhudacibe.com, Express Bank melakukan kerja sama dengan majelis ulama setempat. Menariknya, kartu debit itu populer pula di kalangan warga Kristiani dan Yahudi di Dagestan.  

Selanjutnya, agar sesuai dengan sistem perbankan syariah begitu tata tertib perbankan Rusia, pertambahan keuntungan pemegang kartu tidak dapat dibayarkan langsung. Sebagai gantinya, pertambahan itu didonasikan untuk pelayanan karitatif utamanya kesehatan anak dan pembiayaan pelayanan kesehatan.

Sesungguhnya, produk Express Bank ini bukan yang pertama dalam layanan perbankan syariah. Satu-satunya bank syariah di Rusia, Badr-Forte Bank, juga menawarkan kartu debit sejak pembukaan pada 1991. Lisensi untuk peluncuran kartu itu dicabut Pemerintah Rusia pada 2006. Oleh banyak warga Rusia, keputusan itu dianggap kontroversial.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com