Bus Pariwisata di Jalur Busway?

Kompas.com - 22/01/2009, 15:49 WIB
Editor

Pelaku industri pariwisata dan Departemen Kebudayaan dan Pariwisata meminta Pemprov DKI Jakarta mengoperasikan bus pariwisata di jalur busway. Bus itu khusus untuk melayani wisatawan yang ingin berkeliling kota atau city tour.

Direktur Jenderal Pemasaran Departemen Kebudayaan dan Pariwisata, Sapta Nirwandar, pada pembukaaan Rakerda 1 ASITA (Association of Indonesian Tours and Travel Agencies) DKI Jakarta 2009 di Hotel Borobudur, Jakarta, Kamis (22/1), mengatakan, "Saya sudah menyampaikan usulan ini (bus pariwisata di jalur busway) kepada Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo, beberapa waktu lalu. Gubernur bilang, pihaknya akan memikirkan hal itu."

Keberadaan bus pariwisata yang bisa bergerak cepat dan bebas hambatan, menurut Sapta, sangat mendukung dan membantu industri pariwisata di Ibukota. Dalam bayangan Sapta, bus akan beroperasi pada jam-jam tertentu, entah pada siang, sore atau malam hari.

"Banyak kota-kota besar di dunia sudah punya bus pariwisata. Jakarta mestinya punya juga. Keliling kota dengan bus pariwisata yang bertingkat pada malam hari akan menyenangkan sekali. Jakarta punya banyak obyek wisata yang pontesial, dari heritage, spa, sampai wisata belanja," katanya. Karena itu, ia mendesak ASITA untuk mendorong Pemprov dan merumuskan konsep yang matang soal bus pawiwisata itu.

Di tempat yang sama, Ketua ASITA Jakarta, Herna P Danuningrat mengatakan, pelaku industri pariwisata sudah lama menginginkan adanya bus pariwisata di Jakarta. Selama ini, kata Herna, para pelaku industri kesulitan dalam menjual paket wisata keliling kota atau city tour. "Karena akan banyak waktu yang akan terbuang dalam kemacetan," kata Herna.

Usulan soal bus pariwisata itu, kata dia, sudah pernah diajukan pihaknya kepada Sutiyoso ketika masih menjabat sebagai Gubernur Jakarta tetapi tidak ada tanggan dari pihak Pemprov. Ia berharap, Fauzi yang pernah menjadi kepala Dinas Pariwisata dapat memahami persoalan mereka dan meluluskan usulan tentang pengoperasian bus pariwisata tersebut.



Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X