Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Safe Deposit" BII Kembali Dibobol

Kompas.com - 29/01/2009, 01:23 WIB

Jakarta, Kompas - Safe deposit box (SDB) di Kantor Pusat Bank Internasional Indonesia (BII), Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, kembali dibobol pencuri. Peristiwa pencurian baru diketahui saat Lusiana (39), nasabah penyewa SDB nomor 1759, datang mengecek barang yang dititipkan, Rabu (28/1) pagi.

Akhir tahun lalu, tanggal 19 Desember 2008, terjadi pembobolan SDB di lokasi yang sama dengan nilai kerugian Rp 5,5 miliar (Kompas, 26/12).

Wakil Kepala Polres Jakarta Pusat Ajun Komisaris Besar Angesta Romano Yoyol yang dihubungi membenarkan adanya laporan pencurian harta benda dari sebuah SDB di BII pusat. ”Tak ditemukan tanda kekerasan seperti penjebolan SDB. Polisi masih melakukan olah tempat kejadian perkara,” kata Yoyol.

Menurut Yoyol, mengutip pengakuan Lusiana yang beralamat di Tomang, Jakarta Barat, jumlah kerugian mencapai nilai Rp 1,4 miliar. Harta yang dilaporkan hilang berupa 200 gram emas batangan, berlian, dan emas perhiasan.

Lusiana diketahui menyewa SDB di BII Jalan MH Thamrin sejak tahun 2000 dan tidak pernah bermasalah.

Penyidik menemukan sarung tangan dan baut di dekat kotak SDB berukuran 20 cm x 35 cm.

Dalam pantauan, aktivitas perbankan di Kantor Pusat BII tetap berlangsung normal. Lokasi SDB yang dibobol pencuri berada di lantai bawah tanah gedung BII.

Kantor Pusat BII berada di seberang pertokoan EX, Kedutaan Besar Jepang, dan berada di antara pertokoan Sarinah, Kedutaan Besar Perancis, dan Hotel Nikko di dekat Bundaran Hotel Indonesia.

Mendukung polisi

Juru bicara BII, Esty Nugrahaeni, yang dihubungi secara terpisah mengatakan, pihaknya sudah menerima laporan adanya nasabah yang kehilangan harta benda. ”Kami sudah mendengar adanya laporan nasabah kepada polisi. Memang benar ini merupakan laporan yang ketiga kalinya setelah dua laporan serupa tahun lalu. Pada prinsipnya, kami mendukung upaya penyelidikan polisi,” kata Esty.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com