Busway Koridor VIII Beroperasi Akhir Pekan Ini

Kompas.com - 19/02/2009, 20:12 WIB
Editor

JAKARTA, KAMIS — Bus transjakarta koridor VIII tujuan Lebak Bulus-Harmoni akhirnya siap dioperasikan Sabtu (21/2). Saat peluncuran, sebanyak 25 unit armada disiapkan untuk melayani pengguna angkutan massal ini 13.00-22.00. Hari selanjutnya, bus akan beroperasi seperti pada koridor lainnya, yaitu pukul 05.00-22.00.

Kepala Badan Layanan Umum (BLU) Transjakarta Busway DA Rini mengatakan, rute pelayanan di koridor sepanjang 29 km itu akan dibagi dua tahap. Pertama, dari terminal Lebak Bulus-Tomang.

Pada jam sibuk dan kondisi tertentu di jalur ini dapat dilakukan percepatan pergerakan bus dengan berputar atau kembali arah di kawasan sekitar halte Indosiar (Daan Mogot). Menurut Rini, di rute ini akan menggunakan 25 armada dari PT Eka Sari Lorena dan PT Primajasa Perdanarayautama dengan selang waktu keberangkatan bus pada tempat keberangkatan 8 sampai 15 menit.

"Waktu tempuh dari Lebak Bulus-Indosiar-Lebak Bulus diperkirakan 1 jam 50 menit pada waktu tak sibuk (offpeak) dan pada waktu sibuk (peak hour) membutuhkan waktu selama dua jam 20 menit," jelas Rini.

Kedua, rute Grogol-Harmoni melalui Tomang. Menurut Rini, rute ini menggunakan sebagian armada dari koridor III Kalideres-Harmoni.

Tempat perpindahan

Rini menjelaskan, penumpang dari Lebak Bulus yang hendak ke Harmoni lewat Roxy bisa turun dan berganti bus atau transit di halte Indosiar, Jelambar, dan Grogol 2. Kemudian, penumpang melanjutkan perjalanan dengan menggunakan bus koridor III. Penumpang yang hendak menuju Harmoni lewat Tomang dapat transit di halte Indosiar, Grogol 2, atau Tomang dan melanjutkan perjalanan dengan menggunakan bus rute modifikasi koridor III.

Di koridor ini terdapat 24 halte, termasuk halte koridor III (Indosiar dan Jelambar). Masyarakat bisa menunggu bus transjakarta di terminal Lebak Bulus, Pondok Pinang, Pondok Indah 1, Pondok Indah 2, Tanah Kusir Kodim, Kebayoran Lama Bungur, dan Pasar Kebayoran Lama. Selanjutnya, Halte Simprug, Permata Hijau, Permata Hijau RS Medika, Pos Pengumben, Kelapa Dua Sasak, Kebon Jeruk, dan Duri Kepa. Halte lainnya, Kedoya Assiddiqiyah, Kedoya Green Garden, Indosiar, Jelambar, Grogol 2, Tomang, Tomang Mandala, RS tarakan, Petojo, dan Harmoni.

"Kelebihan koridor ini adalah di terminal Lebak Bulus dilengkapi mesin swasji sebagai sarana edukasi dan rekreasi. Halte Pondok Indah menyatu dengan jembatan sky walk yang menuju pusat perbelanjaan itu," ujar Rini.



Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X