Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

ADB Tingkatkan "Total Landing" Menjadi 32 Miliar Dollar AS

Kompas.com - 02/05/2009, 13:56 WIB

BALI, KOMPAS.com — Asian Development Bank (ADB) akan meningkatkan pinjaman sebesar 10 miliar dollar AS pada tahun 2009-2010. Hal ini berarti jumlah keseluruhan pinjaman (total landing) ADB dalam dua tahun tersebut menjadi 32 miliar dollar AS dari sebelumnya yang hanya mencapai 22 miliar AS pada tahun 2007-2008.

Hal tersebut disampaikan Presiden ADB Haruhiko Kuroda, di sela Sidang Tahunan ADB ke-42, di Nusa Dua, Bali, Sabtu (2/5).

Kuroda mengatakan, hari ini ADB akan menerbitkan laporan yang berisi tanggapan ADB terhadap krisis ekonomi global. Dalam laporan itu disebut mengenai kenaikan total landing ADB sebesar 10 miliar dollar AS.

"Dalam laporan ADB, The Global Economic Crisis Challenges for Developing Asia and ADB's Response, ADB akan meningkatkan pinjaman sebesar 10 miliar dollar AS," kata Kuroda.

Kuroda memaparkan, peningkatan pinjaman sebesar 10 miliar dollar AS tersebut akan dipakai untuk bantuan penanggulangan krisis. Di mana sebesar 1 miliar dollar AS untuk pembiayaan trade financing, sebesar 3 miliar dollar AS untuk program Countercyclical Support Facility (SCF), dan sekitar 6 miliar dollar AS untuk bantuan proyek.

Sidang Tahunan ADB mengumpulkan para menteri keuangan, pejabat senior pemerintah, tokoh bisnis, akademisi, media, dan wakil-wakil dari organisasi internasional dan masyarakat sipil dari seluruh Asia dan Pasifik untuk membahas cara-cara yang efektif dalam menangani kemiskinan dan menjamin pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com