Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BlackRock Akan Jadi Perusahaan Terbesar

Kompas.com - 13/06/2009, 06:06 WIB
 
LOS ANGELES, KOMPAS.com - Perusahaan manajer investasi AS, BlackRock Inc, Kamis (11/6), menyatakan akan membeli salah satu anak perusahaan bank Inggris, Barclays Plc, seharga 13,5 miliar dollar AS dengan uang tunai dan saham. Dengan pembelian tersebut, BlackRock akan menjadi perusahaan manajer investasi terbesar di dunia.

Barclays Global Investors (BGI) yang aktif baik di pasar indeks maupun exchange traded funds (ETF) mengelola dana investasi 1,5 triliun dollar AS per 31 Desember. ETF adalah reksa dana yang diperdagangkan di bursa efek. BGI memiliki 3.000 nasabah institusi. Ralph Schlosstein, yang pernah dekat dengan Jimmy Carter, mantan Presiden AS, merupakan salah satu pendiri.

Aset sebesar 2,7 triliun

BlackRock yang berdiri tahun 1988 dan bermarkas di New York akan membayar 6,6 miliar dollar AS berupa uang tunai ditambah dengan 37,8 juta saham bernilai 6,9 miliar dollar AS untuk pembelian anak perusahaan Barclays itu. Pengambilalihan BGI akan menciptakan sebuah firma keuangan dengan aset lebih dari 2,7 triliun dollar AS.

Sebagai perbandingan, kompetitor terdekat, State Street Corp, yang bermarkas di Boston melaporkan dana kelolaannya 1,96 triliun dollar AS per akhir Maret. Pengelola reksa dana raksasa Fidelity Investment yang juga bermarkas di Boston memiliki dana kelolaan sebesar 1,18 triliun dollar AS pada akhir Februari.

Barclays merencanakan akan menjual ETF iShares yang berbasis di San Francisco. ETF itu menyumbangkan setengah dari pendapatan BGI. Pesaing BlackRock dalam transaksi ini adalah CVC Capital Partners.

Pembelian ini masih menantikan persetujuan para pemegang saham Barclays. Jika mulus, perusahaan baru itu akan memiliki 9.000 pekerja di 24 negara tempat mereka beroperasi. (AP/joe)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com