Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KPBS Pemasok Terbesar untuk FFI

Kompas.com - 18/06/2009, 02:29 WIB

PANGALENGAN, KOMPAS.com - Untuk kawasan Bandung Selatan, Koperasi Peternak Sapi Bandung Selatan (KPBS) menjadi pemasok terbesar untuk PT Frisian Flag Indonesia (FFI). "Tiap hari kami mengirim 75.000 ton susu segar ke FFI," kata Ketua Koperasi Peternak Sapi Bandung Selatan (KPBS) Tavip Danuwijaya pada Rabu (17/6).

Dengan populasi sekitar 18.000 ekor sapi perah, lanjut Tavip, pihaknya juga menjual 40.000 ton susu sapi segar ke perusahaan Ultra Jaya. Lalu, sekitar 12.000 ton ke industri pengolahan susu (IPS) lokal lainnya.

Tavip hadir pada acara pemberian bantuan dana sebesar Rp 4,49 miliar untuk 4.500 peternak sapi perah KPBS di kecamatan tersebut. Dana patungan antara Pemerintah Kerajaan Belanda dan Frisian Flag Indonesia (FFI) bakal terealisasi antara lain, untuk pelatihan pembuatan model kandang, pelatihan dan penyuluhan gizi ternak, kesehatan ternak, pemerahan dan penanganan susu, pengembangbiakan, reproduksi, serta pengadaan peralatan analisis susu. "Bantuan ini untuk masa waktu dua tahun," kata Direktur SDM dan Urusan Korporasi FFI Hendro H Poedjono dalam kesempatan tersebut.

Sementara, Hendro menjawab pertanyaan Kompas.com mengatakan pihaknya membeli susu segar dari KPBS tersebut dengan kisaran harga antara Rp 3.550-Rp 3.600 per liter.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com