Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warna Biru Menghilang dari SBY

Kompas.com - 20/06/2009, 13:49 WIB

PEKANBARU, KOMPAS.com — Dalam kampanye SBY-Boediono track ketiga yang dimulai di Pekanbaru, Riau, Sabtu (20/6), warna biru menghilang dari arena kampanye. Di Gelanggang Olahraga Rumbai, warna biru menghilang dari warna dekorasi panggung. Warna yang tersisa dipakai sebagai hiasan panggung adalah wana merah dan putih saja.

Sebelumnya, warna biru selalu menyelingi warna merah dan putih yang dipasang dalam bentuk utuh dari gulungan kain. Menghilangnya warna biru membuat suasana arena kampanye sedikit berbeda dengan suasana kampanye Presiden Amerika Serikat Barack Obama tahun lalu.

Soal contoh-mencontoh ini, CEO Fox Indonesia Choel Mallarangeng mengakui. Tidak hanya dari kampanye di Amerika Serikat, Fox Indonesia juga mencontoh kampanye-kampanye lain seperti terjadi di Perancis.

Menurut Choel, meskipun kesan yang muncul mewah, biaya kampanye SBY-Boediono dengan setting panggung seperti panggung Obama tidak mahal. Pembandingnya adalah kampanye terbuka dengan puluhan ribu massa. "Biayanya bisa lima kali lebih murah dibandingkan dengan kampanye terbuka dengan ratusan ribu massa. Lagi pula, dengan kampanye tertutup, pesan SBY bisa sampai tanpa interupsi massa yang kehausan dan berteriak 'air-air-air'," ujar Choel.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com