Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Komisi I Pertanyakan Hubungan Pindad dengan Israel

Kompas.com - 31/08/2009, 14:50 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Anggota Komisi I DPR RI Abdillah Toha dari Fraksi Partai Amanat Nasional (FPAN) mempertanyakan hubungan antara senjata buatan PT Pindad Indonesia dan senjata merk Galil buatan Israel. Pasalnya, Abdillah memperoleh laporan dari pihak pemerintah Filipina bahwa senjata Pindad yang disita oleh pemerintah Filipina itu mirip dengan produk Galil milik Israel.

"Ketika konpers pertama, imigrasi Filipina sempat bilang itu seperti senjata bajakan dari merk Galil," tutur Abdillah dalam rapat kerja pemerintah dengan Komisi I di Gedung DPR RI, Senin (31/8). Abdillah mengatakan, beberapa tahun silam Indonesia sempat berniat membeli produk senjata Galil, tetapi Komisi I kurang setuju hingga batal. "Kami minta penjelasan pemerintah. Apa ada kesamaan tipe senjata itu? Atau ada senjata israel yang tercampur dalam peti yang tersita di Filipina?" lanjut Abdillah.

Abdillah mempertanyakan juga kebenaran bahwa Dephan sudah mengeluarkan surat izin ekspor senjata bagi PT Pindad. Abdillah menekankan bahwa pemerintah perlu menyelidiki kasus ini dengan baik. Termasuk isu adanya upaya mengondisikan hukum Indonesia untuk meneruskan hubungan dagang dengan Israel.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com