Job Fair Mesti Didata Keefektifannya

Kompas.com - 10/09/2009, 20:03 WIB
EditorAbdi Susanto

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Job fair atau bursa lowongan kerja yang difasilitasi pihak kampus dan menghadirkan sejumlah perusahaan, memang sering digelar. Namun demikian, kampus belum mempunyai gambaran detil keefektifan bursa tersebut. Universitas Atma Jaya Yogyakarta, mulai tahun ini akan mulai mencari data sejauh mana keefektifannya.

"Kampus mestinya punya data berapa mahasiswanya yang diterima dalam setiap job fair yang difasilitasi kampus," ujar Mikael Sugiat, Kepala Bagian Kemahasiswaan dan Alumni UAJY, di sela-sela Job Fair UAJY, di Gedung Bonaventura UAJY, Kamis (10/9).

Kampus, lanjut Sugiat, idealnya juga mempunyai pemetaan terhadap perusahaan peserta job fair dan apa saja karakteristiknya. Misalnya, perusahaan tertentu membutuhkan kualifikasi karyawan yang bagaimana. Pihak kampus pun perlu juga bertanya ke perusahaan misalnya apa kualifikasi yang sebenarnya paling pas.

Memang pada akhirnya men jadi cukup ribet. Namun ada baiknya dicoba dan didata secara tertulis. Sehingga kampus pun bisa mengevaluasi diri dan memberi bekal yang lebih pas bagi mahasiswa. "Kami juga coba lebih mengupayakan pendekatan ke perusahaan, agar mau menginformasikan jika a da alumni UAJY yang diterima," katanya.

Ika, Human Resources (HR) PT Orang Tua Grup, salah satu peserta Job Fair UAJY mengatakan, jika membuka perusahaan lowongan, pihaknya sering bekerja sama dengan kampus. Namun kebutuhan tenaga kerja tak semuanya didapat dari job fair di kampus.

Walau begitu, job fair juga penting, sebab kami bisa menyeleksi banyak orang dalam waktu singkat. Karenanya, kami juga butuh informasi dari kampus. Tenaga kerja yang kami ambil, sebagian kan didapat dari job fair seperti ini, ujar Ika.  

Tries Natalia Tangkeallo, mahasiswi lulusan Teknik Industri UAJY angkatan 2005 asal Sulawesi Selatan, berpendapat, job fair yang difasilitasi kampus, memang memudahkannya. Paling tidak ia bisa menghemat uang, karena tidak perlu langsung datan g ke lokasi perusahaan untuk menjalani tes.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

 

 

 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.