Kamis, Trans Metro Bandung Akan Beroperasi

Kompas.com - 23/09/2009, 15:44 WIB
Editor

BANDUNG, KOMPAS.com - Angkutan masal Trans Metro Bandung (TMB) secara resmi akan dioperasikan Kamis (24/9) di Bandung, Jawa Barat, pada pukul 07.00 WIB.  

Rencananya peresmian pengoperasian TMB akan dilakukan secara langsung oleh Wali Kota Bandung Dada Rosada di pangkalan Damri Elang. Namun hingga saat ini Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung tidak melakukan persiapan khusus untuk acara peresmian tersebut.

Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) TMB, Yadi Haryadi, Rabu, membenarkan kalau TMB akan dioperasikan besok dan pihaknya pun telah menerima surat edaran tentang itu dari wali kota.

"Saya sudah menerima surat edaran dari wali kota yang menyatakan TMB akan dioperasikan besok dan kita pun sudah siap untuk melaksanakannya," katanya kepada wartawan di Bandung.

Ia menjelaskan, dalam "soft launching" nanti hanya 10 armada TMB yang akan dioperasikan dan hal itu sesuai isi perjanjian dengan pihak koperasi angkutan umum di Bandung.

Disamping itu, sejalan dengan dioperasikannya TMB, Damri selaku pemenang tender, juga akan menarik 10 armada bus Damri jurusan Elang-Jatinangor dan dialihkan ke Elang-Cicadas.
      
"Semua itu kita lakukan sesuai dengan tuntutan yang diberikan koperasi angkutan. Jadi diharapkan dalam pelaksanaannya besok tidak ada masalah, karena semuanya sudah sesuai dengan aturan," ujarnya.
      
Ia menjelaskan, untuk pengoperasian nanti, pihaknya telah mengeluarkan sebanyak 15 ribu buku tiket, per bukunya berisi sebanyak 100 lembar tiket dengan harga Rp 3 ribu.
      
Sedangkan mengenai kesiapan shelter TMB, Yadi menjelaskan, semuanya ada dalam kondisi layak dan siap pakai. Walupun ada dua shelter yang kondisinya rusak, namun akan diperbaiki setelah TMB beroperasi.
      
Senada dengan Yadi, Wakil Wali Kota Bandung Ayi Vivananda membenarkan kalau TMB akan dioperasikan Kamis (24/9). Namun untuk kesiapan teknisnya hingga saat ini sedang dibicarakan.
      
"Ya, TMB akan beroperasi besok. Untuk masalah teknis akan kita bicarakan dalam rapat sore ini," katanya.
      
Ayi optimistis TMB bisa dioperasikan lantaran sekarang tidak ada masalah lagi dengan koperasi angkutan umum. Semua tuntutan yang mereka ajukan sudah disanggupi oleh wali kota.



Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X