Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Human Race": Ras Manusia atau Balapan Manusia?

Kompas.com - 24/11/2009, 08:39 WIB

KOMPAS.com – Jika Anda ketik keyword di Google “human race”, Anda akan diperlihatkan masukan dari Wikipedia tentang apa itu human race, yang bisa dimaknakan manusia atau ras manusia. Di peringkat kedua pencarian di Google, Anda akan bisa lihat sebuah link yang akan mengajak Anda untuk adu balap lari, untuk sesama manusia, yang inisiatifnya datang dari Nike Plus, sebuah langkah New Wave yang dilakukan oleh Nike dalam rangka mengajak komunitas mereka yang suka lari.

Menyambung dari artikel yang kemarin, Nike juga menggunakan konektor social untuk meningkatkan ikatan dengan para runners, salah satunya adalah melalui kegiatan aktivasi yang dinamakan Human Race. Acara ini terdiri dari beberapa seri lomba lari 10 km yang dilakukan dibeberapa kota besar di dunia.

Nike pertama kali melaksanakan kegiatan ini pada tahun 2008 dengan tema “One Day, One Race, One Million Runners.” Ketika itu Human Race adalah bagian dari kampanye promosi Nike+iPod yang bertujuan untuk mempertemukan komunitas pengguna Nike+ dan runners diseluruh dunia.

Acara ini terbilang sukses, terlihat dari banyaknya jumlah kota yang berpartisipasi. Pertama kali dilaksanakan pada tahun 2008, Nike mampu mengundang 25 kota besar yang kemudian bertambah menjadi 30 kota besar pada tahun berikutnya.

Kesuksesan ini juga didukung oleh meningkatnya popularitas Nike+ (www.nikeplus.com) yang sebelumnya telah berhasil mengumpulkan lebih dari 800,000 runners. Nike menggeser level hubungan komunitas tersebut, yang semula tingkatnya virtual menjadi ikatan yang sifatnya nyata secara fisik.

Ada beberapa keuntungan bagi Nike dan runners dalam kegiatan Human Race ini. Keuntungan pertama adalah Nike dapat menggunakannya sebagai media komunikasi bahwa Nike masih merupakan brand terkemuka di industrinya. Kedua, kegiatan ini merupakan kesempatan Nike untuk berinteraksi dengan para “runners-nya.” Ketiga, kegiatan ini menghubungkan komunitas runners yang tersebar dari berbagai negara dalam satu periode waktu acara yang bersamaan. Terahir, kegiatan ini dapat memenuhi kebutuhan para peserta sebagai mahluk sosial. Melalui Human Race, Nike memfasilitasi peserta untuk berinteraksi dan menarik mereka sebagai bagian dari kelompok sosial yang lebih besar.

Seiring dengan bertambahnya jumlah negara yang berpartisipasi dalam kegiatan ini, antusiasme peserta pun turut meningkat. Hal ini karena mereka termotivasi ketika melihat lebih dari ribuan orang—walaupun terpisah di benua yang berbeda—memiliki kesamaan persepsi. Nike berhasil menggabungkan beragam aspek ketertarikan—olah raga, lari, kompetisi, musik, dan tujuan sosial—dalam satu minat acara yaitu kebersamaan.

Nike tidak hanya menggunakan Human Race sebagai media konektor social, tetapi juga mentransformasi visi dan misi kegiatan. Acara ini telah menjadi salah satu ajang global yang memiliki fokus tujuan sosial. dan secara besar menarik minat peserta dengan melibatkan beberapa organisasi international: PBB, Yayasan Lance Amstrong, ninemillion.org, dan WWF.

Human Race adalah bentuk konektor Social hasil terobosan Nike yang memberikan pengalaman maya dan nyata. Dengan sempurna, peserta terhubung secara sosial dan berpartisipasi meningkatkan kepedulian terhadap sesama. Semakin besar lingkup aspek yang tergabung dalam Human Race, semaking luas dan kuat ikatan yang tercipta antara Nike dan runners.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com