Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengangguran Sleman Bisa Capai 9,8 Persen

Kompas.com - 30/11/2009, 19:53 WIB

SLEMAN, KOMPAS.com - Tingkat pengangguran di Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta, pada 2009 ini diprediksikan meningkat menjadi 9,8 persen dari 9,3 persen pada 2008 lalu. Jumlah ini merupakan yang tertinggi di DIY dan lebih tinggi dari angka pengangguran nasional sebesar 8,3 persen.

"Data pastinya masih dalam proses penghitungan berjalan. Tapi, melihat kondisi perekonomian tahun ini yang masih dipengaruhi krisis ekonomi global, diperkirakan angka pengangguran meningkat menjadi 9,8 persen," kata Kepala Bidang Tenaga Kerja Dinas Tenaga Kerja, Sosial, dan Keluarga Berencana Sleman, Basuki, Senin (30/11).

Data Disnakersos KB tahun 2008, jumlah angkatan kerja Sleman mencapai 465.759 orang dari sekitar satu juta penduduk. Jumlah itu dipastikan bertambah pada 2009 ini mengingat setiap tahun terdapat lulusan sekolah baru.

Krisis ekonomi global, kata Basuki, memengaruhi kemampuan dunia usaha menyediakan lapangan pekerjaan. Bahkan, tidak sedikit pula perusahaan yang mengambil kebijakan pemutusan hubungan kerja, karena terbelit krisis ekonomi.

"Di sisi lain, setiap tahunnya, ribuan lulusan sekolah dihasilkan yang menambah jumlah angkatan kerja. Namun, karena kondisi tadi, banyak lulusan sekolah yang tidak terserap dunia kerja atau tidak melanjutkan ke pendidikan tinggi sehingga menambah angka pengangguran itu," kata Basuki.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com