Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Panasia Group Jual Listrik Ke PLN

Kompas.com - 26/12/2009, 12:34 WIB

BANDUNG, KOMPAS.com - Panasia Group di Kabupaten Bandung, Jawa Barat menjual listrik kepada PLN yang disambungkan dengan jaringan Jawa-Bali . Energi itu berasal dari pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) milik Panasia Group yang berbasis batu bara.

Plant Manager Energy and Power Division PT Panasia Indosyntec, Jozef Sandjaja di Bandung, Sabtu (26/12/2009) mengatakan, PLTU itu terletak di Desa Cangkuangwetan, Kecamatan Dayeuhkolot. Penjualan listrik berlangsung mulai Desember 2009.

"Harga listrik sekitar Rp 700 per kilowatt hour (kWh) . Jumlah itu lebih murah sekitar separuhnya dari harga jual PLN kepada konsumen sekitar Rp 1.300 per kWh. Kami memang bukan menjualnya untuk tujuan komersil. Hanya mau membantu PLN," kata Jozef.

Listrik disalurkan pada bulan ini karena termasuk masa puncak kebutuhan masyarakat. D aya yang dijual kepada PLN sebesar 3 megawatt (MW ) adapun kapasitas PLTU Panasia Group sebesar 30 MW. Namun, daya yang digunakan Panasia Group tak selalu sebesar itu.

Jozef mengatakan, kebutuhan listrik rata-rata Panasia Group tak dapat disebutkan karena berfluktuasi tergantung kebutuhan. Namun, kebutuhan sudah termasuk tingg i bila daya yang digunakan sebesar 27 MW. Kini, Panasia Group dapat memenuhi seluruh kebutuhan listriknya secara mandiri.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com