Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tarif Bus Transjakarta Bakal Naik

Kompas.com - 04/01/2010, 21:59 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mempertimbangkan rencana menaikkan tarif bus transjakarta. Kenaikan tarif diperlukan untuk mengatasi membengkaknya subsidi setelah Badan Arbitrase Nasional Indonesia menolak biaya operasional yang diajukan Pemprov DKI Jakarta.

"Keputusan menaikkan tarif bus transjakarta atau menambah subsidinya akan disesuaikan dengan kondisi perekonomian Jakarta beberapa bulan ke depan. Namun, peningkatan biaya operasional dan pemeliharaan bus transjakarta memang harus segera disikapi," kata Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo, Senin (4/1/2010) di Balaikota DKI.

Pada awal bulan lalu, Badan Arbitrase Nasional Indonesia (BANI) memutuskan biaya operasional dan pemeliharaan bus transjakarta koridor IV sampai VII adalah Rp 12.256 per kilometer. Nilai itu mendekati yang diminta oleh konsorsium yang mengoperasikan bus, Rp 12.850 per kilometer.

Sedangkan yang diajukan Pemprov adalah Rp 9.500 per kilometer. Nilai yang diajukan Pemprov sama dengan yang ditetapkan untuk konsorsium operator pada koridor VIII-X.

Subsidi yang disediakan Pemprov dalam APBD 2009 dan 2010 untuk koridor IV-VII didasari pada biaya operasional Rp 9.500 per kilometer. Dengan demikian, dibutuhkan tambahan dana lebih dari Rp 100 miliar untuk subsidi bus transjakarta.

Jika tambahan dana subsidi itu dibebankan pada APBD 2010, anggaran untuk sektor lain akan tersedot. Dengan demikian, pembangunan di sektor nontransportasi akan terhambat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com