Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

ACFTA Positif Dalam Jangka Panjang

Kompas.com - 12/01/2010, 10:01 WIB

SEMARANG, Kompas.com - Pengamat ekonomi FE Universitas Diponegoro Semarang, Prof FX Sugianto, Selasa (12/1/2010) menegaskan, era ASEAN-China Free Trade Area (ACFTA) akan positif dalam jangka panjang untuk pengembangan daya saing produk lokal.

"Sebagai isu besar mengenai perdagangan bebas yang fokus ekonomi, produk-produk China bisa menjadi contoh bagaimana usaha kecil bisa menjadi produk massal yang laik jual," kata FX Sugianto pada diskusi santai soal ACFTA 2010 di Kantor BI Semarang.

Sugianto mengingatkan, pemerintah tinggal selektif dalam melindungi produk Indonesia namun tidak bisa menolak barang-barang produk China yang masuk. "Hal yang perlu di waspadai adalah bila isu ACFTA dibawa secara politis, hal ini hanya akan menimbulkan polemik yang berkepanjangan justru akan melemahkan produk lokal," ujar Sugianto.

Pengamat ekonomi kecil FE Unika Soegijopranoto Semarang, Ika Rahutami menambahkan, secara umum sebenarnya daya beli dan kemampuan jangkauan pasar Indonesia dan China itu banyak kesamaan.

Hanya saja ACFTA mestinya dengan fasilitas nol persen bea masuk mestinya produk lokal Indonesia juga bisa masuk ke China dalam jumah besar. Asal produk yang di ekspor berbeda dengan barang manufaktur China.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com