Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pelaku Usaha Kurang "Pede"

Kompas.com - 10/02/2010, 13:45 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Kepercayaan diri para pelaku usaha pada ttriwulan IV dilaporkan lebih rendah dibandingkan dengan triwulan III. Hal tersebut merupakan sinyal bahwa keputusan mereka untuk melakukan investasi diambil dengan tingkat kepercayaan atas perekonomian yang tidak maksimal.

Deputi Neraca dan Bidang Analisis Statistik Badan Pusat Statistik (BPS) Slamet Sutomo mengungkapkan hal tersebut di Jakarta, Rabu (10/2/2010), saat menyampaikan hasil perhitungan produk domestik bruto (PDB) tahun 2009.

Pada triwulan IV-2009, indeks tendensi bisnis (ITB) dilaporkan ada di level 108,45. Artinya, pelaku bisnis masih melihat ada prospek mendapatkan keuntungan dari usahanya pada triwulan IV-2009 karena indeksnya berada di atas 100. Namun, indeks optimisme pelaku usaha pada triwulan III-2009 jauh lebih tinggi dibandingkan dengan triwulan IV-2009, yang menunjukkan bahwa ada penurunan kepercayaan diri pada saat melakukan investasi.

"Triwulan IV menunjukkan adanya keputusan investasi bukan saatnya meraup untung. Ini yang membuat tingkat kepercayaannya tidak terlalu tinggi," ungkap Slamet.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com