Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Merpati Buka Sekolah Khusus Pilot, Tertarik?

Kompas.com - 16/02/2010, 17:44 WIB

SURABAYA, KOMPAS.com — PT Merpati Nusantara Airlines (MNA) siap memenuhi kebutuhan tenaga pilot di dalam dan luar negeri dengan membuka sekolah khusus pilot, yakni Merpati Pilot School (MPS) yang berlokasi di kompleks Bandara Internasional Juanda, Surabaya.

Peresmian pengoperasian MPS dilakukan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Mustafa Abubakar di Surabaya, Selasa (16/2/2010), dihadiri Dirjen Perhubungan Udara Herry Bakti, Dirut MNA Bambang Bakti, Wakil Gubernur Jatim Syaifullah Yusuf, dan sejumlah pejabat lainnya.

"Ini salah satu pengembangan usaha dari MTC (Merpati Training Center) yang sudah lama beroperasi dan menjadi unit bisnis strategis Merpati," kata Mustafa.

Dia mengatakan, tenaga pilot profesional dan andal menjadi salah satu kebutuhan mendesak yang harus dipenuhi operator penerbangan dalam negeri. MPS merupakan salah satu perluasan usaha dari unit bisnis strategi Merpati Training Center (MTC) yang telah beroperasi sejak 1994 dalam penyediaan jasa pendidikan dan pelatihan penerbangan.

"Kebutuhan tenaga pilot di dalam negeri terus meningkat setiap tahun seiring bertambahnya armada beberapa operator penerbangan. MPS diharapkan mampu memenuhi kebutuhan tenaga pilot tersebut," kata Dirut MNA Bambang Bakti.

Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Herry Bakti menyebutkan, penambahan armada pesawat dari berbagai operator penerbangan mencapai 120 unit setiap tahun. "Kalau setiap pesawat memerlukan minimal empat tenaga pilot dan kopilot, berarti setiap tahun dibutuhkan sekitar 400 lebih tenaga pilot baru. Sementara sekolah penerbangan yang ada baru bisa memenuhi sekitar 50 persennya," katanya.

Karena itu, ada sejumlah operator penerbangan yang menggunakan tenaga pilot asing untuk mengoperasikan pesawatnya. "Jumlah pilot asing tidak banyak dan kami memberikan izin kerja kepada mereka karena memang kebutuhan pilot belum bisa dipenuhi dari dalam negeri. Paling tidak, lima tahun ke depan masalah itu bisa terpenuhi," katanya.

Saat ini terdapat tujuh sekolah penerbangan (pilot) yang beroperasi di Indonesia, termasuk MPS. Dua operator penerbangan Lion Air dan Sriwijaya Air juga berencana membuka sekolah pilot dalam waktu dekat ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com