Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

ICT Habiskan 40 Persen Total Konsumsi Energi Dunia

Kompas.com - 08/04/2010, 14:29 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Konsumsi energi untuk penerapan teknologi informasi dan komunikasi ternyata mencapai 40 persen dari total konsumsi energi secara global. Demikian diungkapkan Partono Rudiarto, Direktur Inixindo, salah satu perusahaan ICT terkemuka di Indonesia, dalam acara Green ICT yang digelar hari ini, Kamis (8/4/2010), di Jakarta Convention Center.

Tak hanya itu, menurut Partono angka 40 persen tersebut masih akan terus bertambah sejalan dengan pesatnya belanja produk ICT di seluruh dunia. "Angka ini akan terus tumbuh sejalan dengan pesatnya belanja produk ICT di seluruh dunia," ujarnya. Terkait hal tersebut, muncul berbagai inisiatif untuk bisa memanfaatkan ICT secara aman, ramah lingkungan, dan hemat energi yang dikenal dengan istilah Green ICT.

Untuk memotivasi seluruh organisasi di Indonesia agar menerapkan Green ICT, ada tiga hal yang perlu diperhatikan. "Pertama, aspek regulasi seperti komitmen menjaga lingkungan dunia. Kedua, aspek ekonomis, memberikan solusi efisiensi menyeluruh pada setiap organisasi. Terakhir, aspek pencitraan, akan meningkatkan image dan perusahaan sebagai organisasi yang peduli lingkungan," tandas Direktur Inixindo itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com