Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pembatasan BBM Bebani Rakyat Kecil

Kompas.com - 31/05/2010, 15:36 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Wacana pemerintah tentang pembatasan BBM bersubsidi mendapat kecaman dari Ikatan Keluarga Pahlawan Nasional Indonesia atau IKPNI. Paguyuban dari ahli waris pahlawan-pahlawan nasional ini menilai pembatasan BBM bersubsidi bagi kendaraan bermotor, termasuk sepeda motor, hanya akan menambah beban rakyat kecil yang hidupnya sudah serba sulit.

"Motor itu kan kendaraan rakyat kecil. Kalau itu juga mau dicabut subsidinya, akan semakin membebani rakyat kecil," kata Ketua Umum IKPNI Aisyah Badlowi, Senin (31/5/2010), di Jakarta.

Dia menilai, kebijakan pembatasan BBM bersubsidi jelas merupakan kebijakan yang tidak pro rakyat. Ia menyebut, berbagai penolakan masyarakat yang mengemuka di media massa menjadi bukti bahwa rakyat akan semakin dipersulit dengan kebijakan tersebut.

"Tidak semua setuju subsidi dihapuskan. Mungkin bisa dikurangi, tapi jangan dibebankan kepada masyarakat kecil. Harusnya dikenakan kepada kelompok-kelompok yang lebih mampu," kata putri dari pahlawan nasional KH Wahid Hasyim ini. "Saya kira sepatutnya hal itu diatur supaya tidak membebani masyarakat yang hidupnya sudah sulit," tambahnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com