Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BRI Kucurkan Kredit ke Industri Waralaba

Kompas.com - 03/06/2010, 11:39 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) cukup ekspansif menyalurkan kredit waralaba. Beberapa pemegang merek waralaba papan atas yang baru saja menjalin kerja sama dengan BRI adalah Alfamart, Apotek K-24, Klenger Burger, dan Iwata Tours and Travel.

Sekretaris Perusahaan BRI Muhamad Ali mengatakan, besaran plafon kredit waralaba BRI disesuaikan dengan skala bisnis para calon debitor, yakni mulai di bawah Rp 100 juta hingga di atas Rp 40 miliar. Meski tergolong pemain baru di segmen kredit waralaba, BRI optimistis bisnis ini mampu mendongkrak penyaluran kredit bank. Apalagi permintaan kredit waralaba terus meningkat.

"Kredit waralaba BRI melayani kebutuhan pembiayaan usaha waralaba, baik yang diajukan oleh franchisor, franchisee, maupun para pembeli master franchise untuk usaha waralaba lokal dan luar negeri,” kata Ali dalam keterangan pers yang diterima Kontan, Rabu (2/6/2010).

Untuk menjadi nasabah kredit waralaba, BRI mensyaratkan dokumen perjanjian waralaba dan surat tanda pendaftaran usaha waralaba. Sejumlah kemudahan bisa diperoleh debitor, antara lain kemudahan mengelola arus kas sesuai siklus bisnis dan kondisi keuangan usaha waralaba terkait. "Para terwaralaba tidak perlu bingung mengalokasikan pembayaran biaya-biaya waralaba seperti franchise fee atau royalty fee. Sebab, kredit waralaba sudah mengakomodasi kebutuhan para terwaralaba dalam membayar kewajibannya kepada franchisor," ujar Ali.

Besarnya pinjaman sendiri, menurut Ali, hingga Rp 5 miliar.

Andri Indradie

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com