Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Flexi-Esia Bakal Kuasai 70 Persen Pasar

Kompas.com - 17/06/2010, 10:03 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kerjasama antara PT Telekomunikasi Tbk dan PT Bakrie Telecom Tbk untuk menggabungkan unit usaha yang bergerak dalam sektor layanan CDMA akan memperkuat pangsa pasar untuk layanan CDMA bagi kedua operator telepon tersebut.

Sekretaris Kementrian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Said Didu menyatakan, kerjasama tersebut membuat pangsa pasar untuk layanan CDMA naik menjadi 70 persen. Saat ini, Telkomflexi memiliki jumlah pelanggan 15,6 juta sedangkan Esia memiliki jumlah pelanggan sebesar 11 juta.

“Meski pangsa pasarnya 70 persen kita yakin tidak terkena KPPU karena monopoli. 70 persen kan hanya pada satu layanan yaitu CDMA sementara Telkom dan BTel memiliki unit layanan usaha yang lain,” kata Said Didu usai menghadiri rapat rapat gabungan Menteri Perekonomian, Menteri BUMN, Menteri ESDM, Menteri Perdagangan, Menteri Pertanian, BP Migas, BPH Migas, Pertamina, PLN dan PGN dengan Komisi IV, VI, dan VII DPR di Jakarta, Rabu (16/6/2010).

Jika merger dua operator ini terealisasi, perang tarif operator berbasis CDMA diperkirakan menyusut drastis. Flexi dapat mengurangi biaya iklan dan lebih meningkatkan inovasi produk setelah bergabung dengan Esia; sementara itu Esia bisa mendapatkan keuntungan transfer teknologi dan pengetahuan transfer teknologi dari Flexi.

Said juga memastikan, merger ini tidak mematikan pasar Esia karena besar kemungkinan produk yang dikenalkan satu nama. (Fitri Nur Arifenie/Kontan)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com